alexametrics

Dubes Suriah: Dataran Tinggi Golan Akan Tetap Jadi Wilayah Suriah

loading...
Dubes Suriah: Dataran Tinggi Golan Akan Tetap Jadi Wilayah Suriah
Dubes Suriah untuk PBB Bashar Jaafari menegaskan Dataran Tinggi Golan akan tetap menjadi bagian dari negaranya. Foto/Istimewa
A+ A-
NEW YORK - Duta Besar Suriah untuk PBB mengatakan bahwa Dataran Tinggi Golan akan selalu tetap menjadi wilayah Suriah. Pernyataan itu sebagai reaksi terhadap cuitan yang mengejutkan Presiden Donald Trump bahwa Amerika Serikat (AS) akan mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan.

"Pernyataan yang dibuat oleh Presiden Amerika dan pejabat pemerintahannya mengenai Golan Suriah yang diduduki, dan kunjungan individu yang mengklaim perwakilan mereka dari rakyat Amerika, tidak akan pernah mengubah fakta bahwa Golan Suriah dulu dan akan tetap menjadi wilayah Arab Suriah," tegas Bashar Jaafari, perwakilan permanen Suriah untuk PBB, kepada wartawan di markas PBB di New York, AS.

"Rakyat Suriah lebih tegas dan bertekad untuk membebaskan bagian berharga dari wilayah Suriah dengan segala cara, dan mendapatkan kembali kedaulatan Suriah tepat di atasnya," tambahnya seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (23/3/2019).



Trump telah menunjukkan sikap berlawanan terhadap kebijakan AS selama beberapa dekade dengan mengatakan bahwa sudah waktunya untuk mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan yang diduduki, yang direbutnya dari Suriah pada tahun 1967.

Trump mengatakan dalam tweetnya bahwa dataran tinggi itu penting strategis dan keamanan penting bagi Negara Israel dan stabilitas regional.

Baca juga: Trump: Saatnya AS Akui Kedaulatan Israel atas Golan

"Pemerintah Republik Arab Suriah sangat mengutuk pernyataan tidak bertanggung jawab ini tentang status hukum Golan Suriah yang diduduki," tegas duta besar Suriah untuk PBB.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak