Putin: Su-57 Rusia Jet Tempur Terbaik di Dunia

Sabtu, 23 Maret 2019 - 01:56 WIB
Putin: Su-57 Rusia Jet Tempur Terbaik di Dunia
Putin: Su-57 Rusia Jet Tempur Terbaik di Dunia
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin menilai jet tempur generasi kelima terbaru Su-57 sebagai pesawat militer terbaik di dunia. Dalam penilaiannya, orang nomor satu Kremlin ini mempertanyakan klaim F-22 Raptor Amerika Serikat (AS) sebagai jet tempur terbaik di dunia.

"Ini adalah pesawat terbaik hari ini, pesawat terbaik di dunia," kata Putin. "Ini adalah pesawat terbaik dunia dengan semua karakteristik operasional dan persenjataannya," lanjut dia.

"Tidak ada pesawat lain yang bisa terbang sebaik pesawat kami," imbuh presiden yang masa lalunya sebagai mata-mata Soviet tersebut, dikutip Eurasiantimes, Jumat (22/3/2019).

Su-57 adalah pesawat tempur multiperan generasi kelima yang dirancang untuk menghancurkan semua jenis target udara pada jarak yang jauh dan pendek dan menghantam target musuh di darat dan laut. Jet tempur itu juga diklaim mampu mengatasi sistem pertahanan rudal musuh.

Su-57 pertama kali mengudara pada 29 Januari 2010. Dibandingkan dengan pendahulunya, Su-57 menggabungkan fungsi pesawat penyerang dan jet tempur yang dibuat dengan bahan komposit dan teknologi yang inovatif.

Persenjataan pesawat ini akan mencakup rudal hipersonik. Jet tempur generasi kelima ini telah berhasil diuji coba dalam situasi tempur di Suriah.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3800 seconds (0.1#10.140)