Jimmy Carter, Presiden AS Paling Lama Hidup dalam Sejarah

Jum'at, 22 Maret 2019 - 13:42 WIB
Jimmy Carter, Presiden AS Paling Lama Hidup dalam Sejarah
Jimmy Carter, Presiden AS Paling Lama Hidup dalam Sejarah
A A A
ATLANTA - Mantan presiden Amerika Serikat (AS), Jimmy Carter, mencapai tonggak sejarah baru. Presiden ke-39 AS itu menjadi presiden yang paling lama hidup dalam sejarah negara itu.

Tepat hari ini, Jumat (22/3/2019), usia Carter mencapai 94 tahun 172 hari. Catatan ini lebih satu hari dari mantan Presiden George H.W. Bush, yang meninggal 30 November 2018 pada usia 94 tahun, 171 hari. Sebagai catatan, keduanya lahir pada 1924: Bush pada 12 Juni, Carter pada 1 Oktober.

“Tidak ada perayaan khusus yang direncanakan,” kata Deanna Congileo, juru bicara mantan presiden dan The Carter Center, yang didirikan Carter dan istrinya, Rosaylnn, yang sekarang berusia 91 tahun seperti.

Badan tersebut didirikan di Atlanta pada tahun 1982 untuk fokus pada isu-isu hak asasi manusia global.

Selama beberapa dekade mengadvokasi kesehatan masyarakat, pemantauan pemilu dan resolusi konflik di seluruh dunia telah mendefinisi ulang peran mantan presiden, yang sebelum Carter sering pensiun dengan ketidakjelasan relatif.

"Kami di The Carter Center yakin mendukungnya dan bersyukur atas pelayanannya yang panjang yang telah memberi manfaat bagi jutaan orang termiskin di dunia," kata Congileo seperti dikutip dari Business Insider.

Terlihat meremehkan karir politiknya, Carter telah bertahun-tahun mengkarakterisasi pekerjaan pusat sebagai pencapaian profesional yang menentukan - meskipun, tentu saja, menjadi presiden AS adalah apa yang memungkinkannya menjadi sosok yang membangun pusat tersebut.

"Saya menghabiskan empat dari sembilan puluh tahun saya di Gedung Putih, dan mereka, tentu saja, adalah puncak dari kehidupan politik saya," tulis Carter dalam memoar yang diterbitkan pada ulang tahunnya yang ke-90.

“Namun, tahun-tahun itu, tidak mendominasi rantai ingatan saya, dan tidak pernah ada jalan yang tertata atau terencana untuk sampai ke sana selama awal kehidupan saya,” sambungnya.

"Mengajar, menulis, dan membantu The Carter Center berkembang tampaknya merupakan poin tertinggi dalam hidup saya," tukasnya.

Sosok yang pernah memegang kode nuklir AS, membuat perjanjian damai Timur Tengah yang bersejarah di Camp David dan mencoba mengelola krisis sandera yang menyegel nasibnya selama satu masa memiliki jawaban sederhana setiap kali dia diminta untuk menceritakan kembali keputusan terbaik atau paling signifikan dia pernah dibuat: "Meminta Rosalynn untuk menikah denganku."

Mantan presiden dan ibu negara itu masih tinggal di Plains, Georgia, sebuah kota berpenduduk sekitar 750 tempat mereka dilahirkan, dibesarkan, dan menikah 73 tahun yang lalu, beberapa minggu setelah lulus Akademi Angkatan Laut AS.

Seorang Kristen yang taat, Jimmy Carter secara teratur mengajar sekolah Minggu di Gereja Baptis Maranatha, menarik ratusan pengunjung ke Plains untuk setiap sesinya. Pasangan Carter kerap berpose untuk berfoto bersama dengan setiap peserta.

Meskipun dia kadang-kadang tidak menekankan karier yang dipilihnya, hidup begitu lama setelah kepresidenannya memungkinkan Carter bangkit kembali dalam politik Demokrat.

Dua kandidat presiden saat ini, Sens Cory Booker dari New Jersey dan Amy Klobuchar dari Minneosta, telah berkelana ke Plains untuk bertemu dengan Carter. Mantan presiden itu telah menjamu Bernie Sanders, seorang kandidat presiden 2016 dan 2020, untuk sebuah panel di The Carter Center. Carter bahkan mengatakan kepada hadirin bahwa dia memilih Sanders dari pada Hillary Clinton di primary Demokrat pada 2016 lalu. Ia menjadi tuan rumah dan mendukung jagoan Demokrat, Georgia Stacey Abrams, dalam usahanya untuk menjadi gubernur Georgia tahun lalu yang berujung pada kegagalan.

Partai Demokrat Georgia mengatakan mereka mengharapkan lebih banyak kandidat presiden yang datang ke Plains.

Mengenai apa yang akan terjadi selanjutnya, Carter memiliki setidaknya satu pencapaian lagi di benaknya, sering menunjuk pada upaya jangka panjang The Carter Center untuk menghilangkan penyakit cacing Guinea, infeksi parasit yang disebabkan oleh air minum yang buruk.

Ada 3,5 juta kasus di 21 negara pada tahun 1986, ketika Carter Center memulai program pemberantasannya. Pada 2018, ada 28 kasus di seluruh dunia.

"Saya berharap bahwa saya akan hidup lebih lama daripada cacing Guinea terakhir," katanya dalam sebuah wawancara televisi Inggris pada 2016.

"Itu salah satu tujuan hidup saya, dan saya pikir saya memiliki peluang bagus untuk berhasil," tandasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4286 seconds (0.1#10.140)