Flat Earthers Rencanakan Perjalanan ke 'Ujung Dunia'

Rabu, 20 Maret 2019 - 14:18 WIB
Flat Earthers Rencanakan Perjalanan ke Ujung Dunia
Flat Earthers Rencanakan Perjalanan ke 'Ujung Dunia'
A A A
LONDON - Kelompok yang meyakini bumi berbentuk datar akan memulai pelayaran ke Antartika tahun depan untuk mengunjungi apa yang mereka anggap sebagai 'ujung dunia.'

Menurut Konferensi Internasional Flat Earth (FEIC), yang tidak terkait dengan Flat Earth Society, organisasi itu akan memulai perjalanan sekitar tahun 2020. Mereka akan melakukan perjalanan ke Antartika melalui laut untuk acara tahunannya.

Konferensi yang akan datang untuk grup ini akan diadakan di Dallas, Texas, pada bulan November mendatang dan menandai acara tahunan ketiga yang diselenggarakan oleh FEIC.

Perwakilan untuk grup itu tidak menanggapi permintaan untuk detail lebih lanjut sebelum dipublikasikan.

Sejak pengumuman grup tentang rencana untuk menjadi melakukan konferensi 2020 di atas kapal pesiar, ide tersebut menjadi sebuah ironi. Pasalnya, navigasi kapal pesir menggunakan peralatan yang didasarkan pada model bola Bumi.

Sistem Posisi Global (GPS) khususnya menggunakan jaringan satelit yang mengorbit Bumi untuk ping off satu sama lain dan menentukan lokasi seseorang.

Dalam sebuah laporan oleh The Guardian, Henk Keijer, seorang kapten kapal pesiar memberikan pemikirannya tentang rencana FEIC itu.

"Saya telah berlayar sejauh 2 juta mil, mengantarkan atau menjemput," kata Keijer.

"Aku belum pernah bertemu seorang kapten laut yang percaya bahwa Bumi itu datar," imbuhnya seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (20/3/2019).

Konferensi Internasional Flat Earth adalah bagian dari gelombang pasang kelompok yang menolak model heliosentris Bumi dan mengklaim bahwa planet kita sebenarnya berbentuk cakram atau bentuk seperti kubah dan Antartika mengelilingi perimeter untuk membentuk semacam dinding es.

Untuk memperkuat teori mereka, beberapa pengikut teori bumi datar juga telah menyetujui konspirasi lain, termasuk klaim Amerika Serikat (AS) memalsukan pendaratan di bulan dan NASA telah mengaburkan kebenaran tentang ruang angkasa dan tempat planet kita di dalamnya.

Ketika gerakan Bumi datar mendapatkan daya tarik, gerakan ini juga menarik perhatian para dokumenter yang mencari kedua profil tersebut dan dalam beberapa kasus menyanggah ide-ide yang dikemukakan oleh kelompok-kelompok seperti Flat Earth Society.

Tambahan dokumenter terbaru ini termasuk yang akan ditayangkan di Netflix yaitu 'Behind the Curve' dan dokumenter oleh bintang YouTube kontroversial, Logan Paul, berjudul Flat Earth: to the Edge and Back. Dokumenter ini nampaknya akan menunjukkan bagaimana Paul menyerah pada konspirasi Bumi datar.

Film Paul rencana akan dirilis pada 20 Maret.

Keunggulan konspirasi bumi datar telah diperkuat oleh meningkatnya popularitas teori konspirasi internet yang menumbuhkan audiensi mereka di platform hosting video populer seperti YouTube.

Dalam sebuah penelitian terbaru dari para peneliti di Texas Tech University menemukan bahwa dari 30 responden yang diwawancarai di sebuah acara Flat Earth, semua kecuali satu mengidentifikasi YouTube sebagai faktor utama dalam cara mereka memercayai teori-teori tersebut.

Beberapa pihak telah meminta layanan streaming untuk mengubah algoritmanya guna membendung penyebaran informasi yang salah dan memprioritaskan ilmu yang dapat diandalkan. Seruan ini mulai diperhatikan oleh YouTube dalam beberapa bulan terakhir.

"Kami baru-baru ini mengumumkan bahwa kami akan mulai mengurangi rekomendasi konten garis batas atau video yang dapat memberi informasi yang salah kepada pengguna dengan cara yang berbahaya — seperti video yang mempromosikan obat ajaib palsu untuk penyakit serius, mengklaim bumi datar, atau membuat klaim palsu yang terang-terangan tentang sejarah acara seperti 9/11," kata perwakilan YouTube pada bulan Februari lalu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2851 seconds (0.1#10.140)