alexametrics

Afghanistan Apresiasi Upaya RI Dalam Mewujudkan Perdamaian

loading...
Afghanistan Apresiasi Upaya RI Dalam Mewujudkan Perdamaian
Menteri Luar Negeri Afghanistan, Salahuddin Rabbani mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dukungan Indonesia terhadap proses perdamaian Afghanistan. Foto/Victor Maulana/Sindonews
A+ A-
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Afghanistan, Salahuddin Rabbani mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dukungan Indonesia terhadap proses perdamaian Afghanistan. Apresiasi itu disampaikan Rabbani saat melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi.

Berbicara saat menyampaikan pernyataan bersama dengan Retno di Gedung Pancasila, Jakarta, Rabbani menuturkan, Indonesia adalah negara Islam pertama yang menawarkan dukungan penuh atas perdamaian Afghanistan.

"Hari ini kami melakukan diskusi yang produktif selama pertemuan dan kami mencapai kesepahaman tentang sejumlah masalah besar termasuk Indonesia menjadi tuan rumah dialog damai intra-Afghanistan sebagai bagian dari komitmen Indonesia dalam mendukung perdamaian dan stabilitas di Afghanistan," kata Rabbani.



"Di antara negara-negara mayoritas Muslim, Indonesia adalah negara pertama yang menawarkan dukungan penuh untuk proses perdamaian Afghanistan, yang sangat kami hargai," sambungnya pada Jumat (15/3).

Dia kemudian mengatakan, pihaknya juga sangat mengapresiasi inisiatif Indonesia untuk menggelar pertemuan trilateral ulama, yang digelar tahun lalu. Dia menyebut, pertemuan yang berlangsung di Bogor itu menjadi inspirasi digelarnya pertemuan ulama tingkat dunia yang akan digelar di Jeddah, Arab Saudi.

Dalam pertemuan di Jeddah, para ulama membuat sebuah deklarasi, yang berisi dukungan terhadap proses perdamaian Afghanistan dan menyerukan Taliban untuk mengakhiri kekerasan terhadap rakyat Afghanistan dan untuk menerima tawaran perdamaian yang dibuat oleh Kabul.

"Kami menghargai upaya berkelanjutan Indonesia untuk perdamaian di Afghanistan, serta penekanannya pada penghormatan terhadap kepemimpinan dan penghormatan terhadap proses perdamaian oleh pemerintah dan orang-orang Afghanistan," tukasnya.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak