alexametrics

Mantan Senator Beto O'Rourke Masuk Bursa Capres Demokrat 2020

loading...
Mantan Senator Beto ORourke Masuk Bursa Capres Demokrat 2020
Mantan Senator Beto O'Rourke Masuk Bursa Capres Demokrat 2020
A+ A-
TEXAS - Mantan anggota kongres Texas Beto O'Rourke mendeklarasikan diri sebagai calon presiden (capres) dalam pemilu 2020. Deklarasi itu mengakhiri beberapa bulan spekulasi apakah dia akan bergabung dalam bursa capres Partai Demokrat untuk melawan Presiden AS Donald Trump dari Partai Republik.

O'Rourke semakin populer setelah pertarungan melawan Senator AS Ted Cruz tahun lalu. Dia mengumumkan pencalonan itu dalam video di media sosial pukul 07.30 pagi waktu lokal. Dia segera menyusun kampanye di Iowa yang menggelar kontes nominasi Demokrat pertama pada Februari 2020.

“Dia juga akan mengunjungi kota-kota di bagian timur Iowa yang menjadi basis pendukung Demokrat,” ungkap laporan Politico berdasarkan sumber yang dekat dengan tokoh Demokrat itu.
Perjalanan itu akan menjadi tes pertama apakah O'Rourke dapat maju ke panggung politik nasional seperti yang dia lakukan di Texas tahun lalu, menarik banyak pendukung dan mampu menggalang donasi kampanye hingga USD80 juta.



O'Rourke menuju ke Iowa karena ada beberapa tanda popularitasnya menyusut dalam beberapa pekan terakhir. Survei di Iowa yang dirilis pekan lalu menunjukkan O'Rourke sebagai pilihan pertama bagi 5% pemilih Demokrat. Posisi O'Rourke masih kalah dengan empat pesaingnya, termasuk mantan Wakil Presiden Joe Biden yang belum mendeklarasikan pencalonan dan Senator AS Bernie Sanders.

Saat survei Des Moines Register/CNN/Mediacom digelar pada Desember, O'Rourke menempati peringkat ketiga dengan 11% suara. Sepertiga responden menyatakan, mereka tidak cukup tahu tentang tokoh itu untuk dapat memberikan pendapat. O'Rourke, 47, menjabat tiga periode di Kongres mewakili kawasan Texas Barat sepanjang perbatasan AS dengan Meksiko.

Pencalon dirinya akan menjadikannya unik dalam beberapa isu penting, seperti layanan kesehatan universal dan menolak donasi dari komite aksi politik korporat. Dia juga mencoba mengambil jarak dari beberapa capres yang condong sayap kiri, seperti Sanders dan Senator Elizabeth Warren dari Massachusetts yang dianggap sosialis oleh Trump.

“Saya seorang kapitalis. Saya tidak melihat bagaimana kita mampu menghadapi semua tantangan mendasar yang kita miliki sebagai satu negara tanpa, sebagian, mengumpulkan kekuatan pasar,” ungkap O'Rourke bulan lalu. O'Rourke yang memiliki nama lahir Robert Francis itu mendapatkan julukan populernya saat tumbuh besar di El Paso, Texas. Pada 2012, dia menang melawan petahana anggota kongres Demokrat Silvestre Reyes di distrik mayoritas keturunan Amerika Latin.

Dia terpilih lagi dua kali sebelum menyerahkan kursinya saat melawan Cruz. Mantan pemain bass di band punk itu pernah ditangkap pada 1998 saat mengemudi mobil dalam kondisi mabuk. Masalah ini pun muncul di setiap kampanye yang dia lakukan dan akan muncul lagi saat kampanye presidennya.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak