Perbandingan Kekuatan Militer Israel vs Mesir, Lebih Kuat Mana?

Kamis, 30 Mei 2024 - 17:17 WIB
loading...
Perbandingan Kekuatan Militer Israel vs Mesir, Lebih Kuat Mana?
Personil militer berjaga pada hari kunjungan Perdana Menteri Mesir Mostafa Madbouly ke perbatasan Rafah antara Mesir dan Jalur Gaza pada 31 Oktober 2023. Foto/REUTERS
A A A
KAIRO - Perbandingan kekuatan militer Israel vs Mesir menarik diketahui. Baru-baru ini, hubungan keduanya tampak tegang menyusul baku tembak yang terjadi penyeberangan Rafah awal pekan lalu.

Menurut sejumlah sumber, bentrokan tersebut membuat dua tentara Mesir tewas. Namun, belum ada komentar resmi atas laporan bentrok itu.

Melihat sejarah, Israel dan Mesir punya riwayat konflik yang cukup panjang. Keduanya beberapa kali terlibat perang yang turut menyeret sejumlah negara Arab lain.

Lalu, bagaimana perbandingan kekuatan militer Israel vs Mesir untuk saat ini? Berikut ulasannya.

Perbandingan Kekuatan Militer Israel vs Mesir

1. Jumlah Tentara


Pada pemeringkatan Global Fire Power (GFP) 2024, Israel menempati urutan ke-17 dari 145 negara. Posisinya masih di bawah Mesir yang menduduki peringkat ke-15.

Perbandingan pertama bisa dilihat dari jumlah tentara masing-masing negara. Mengacu pada data GFP, Mesir unggul dalam jumlah dari Israel.

Israel memiliki 170.000 personel aktif, 465.000 tentara cadangan, serta 35.000 pasukan paramiliter. Sementara Mesir punya 440.000 tentara aktif, 480.000 personel cadangan, dan 300.000 pasukan paramiliter.

2. Anggaran Pertahanan


Anggaran pertahanan menjadi salah satu aspek penting bagi sebuah negara. Tak heran apabila negara-negara besar seperti Amerika Serikat punya angka yang terbilang fantastis.

Berkaitan dengan Israel vs Mesir, Tel Aviv memiliki anggaran pertahanan yang lebih besar. Angkanya sendiri mencapai USD24,4 miliar.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0919 seconds (0.1#10.140)
pixels