Nasib Kardinal Pell: Dari Apartemen Vatikan ke Penjara Australia

Kamis, 14 Maret 2019 - 08:13 WIB
Nasib Kardinal Pell: Dari Apartemen Vatikan ke Penjara Australia
Nasib Kardinal Pell: Dari Apartemen Vatikan ke Penjara Australia
A A A
SYDNEY - Selama dua dekade, George Pell adalah tokoh dominan di Gereja Katolik di Australia. Dia awalnya seorang bocah lelaki dari kota penambangan emas yang ambisius, cerdas, dan cakap untuk berteman dengan orang-orang berpengaruh yang akhirnya mendorongnya untuk menjadi pejabat paling senior ketiga di Vatikan.

Citranya runtuh pada bulan Desember, ketika pengadilan menemukan Pell, 77, bersalah atas lima tuduhan pelanggaran seks anak yang dilakukan pada dua anak laki-laki paduan suara berusia 13 tahun di Melbourne.

Pada hari Rabu, nasib Pell seolah-olah selesai karena dia dijatuhi hukuman enam tahun penjara dan terdaftar sebagai pelanggar seks selama sisa hidupnya.

Pell adalah pejabat Katolik Roma yang paling senior yang dihukum karena melakukan pelecehan seksual.

"Status Anda yang jelas sebagai Uskup Agung memberikan bayangan kuat atas pelanggaran ini," kata Ketua Pengadilan Wilayah Victoria Peter Kidd tentang kejahatan Pell, dikutip Reuters, Kamis (14/3/2019). Hakim Peter Kidd menggambarkan kejahatan Pell sebagai tindakan "kurang ajar".

Pell tetap mempertahankan kepolosannya. Bandingnya terhadap putusan pengadilan akan didengar pada bulan Juni mendatang.

Pell, yang telah ditahan selama dua minggu terakhir, sekarang menghadapi tahun-tahun di penjara Victoria. Nasibnya kini jauh dari kehidupan di apartemen Vatikan di Piazza Citta Leonina.

Pell sebelumnya menghabiskan sebagian besar dari tiga dekade pertamanya sebagai seorang imam di Ballarat, sebuah kota penambangan emas di negara bagian Victoria, sekitar 120 km dari Melbourne.

Setelah Pell meninggalkan kota kelahirannya untuk menjadi Uskup Agung Melbourne pada tahun 1996, dia melakukan pelanggaran terhadap dua anak laki-laki paduan suara di Katedral St Patrick di kota di mana dia dinyatakan bersalah oleh panel hakim yang beranggotakan 12 orang.

Baru pada tahun 2016 pengaduan terhadap Pell pertama kali dipublikasikan. Tuduhan kemudian diumumkan pada tahun 2017. Namun, pada tahun-tahun tersebut dia tetap menjadi petinggi Gereja Australia.

Pada tahun 2001 ketika Pell menjadi Uskup Agung Sydney, posisi peringkat teratas di Gereja Katolik negara itu. Dia adalah adalah seorang tokoh nasiona yang dihormati oleh banyak umat Katolik konservatif, tetapi dikritik oleh kaum liberal karena pandangannya yang blak-blakan.

Pada acara Hari Pemuda Sedunia tahun 2002 di Toronto, Pell menjadi berita utama dengan mengatakan "aborsi adalah skandal moral yang lebih buruk daripada para imam yang melakukan pelecehan seksual terhadap kaum muda karena aborsi merupakan perusakan kehidupan manusia".

Peran Keuangan


Dalam pertemuan-pertemuan di antara para kardinal sebelum konklaf yang memilih Paus Fransiskus pada tahun 2013, Pell tampil menonjol tidak hanya karena tinggi dan bahu lebar yang mengesankan, tetapi juga karena perintahnya dalam masalah keuangan Vatikan.

Berharap untuk mengakhiri skandal keuangan Vatikan, Paus memindahkan Pell ke Roma dan pada tahun 2014, di mana ia ditunjuk untuk menjalankan sebuah pelayanan baru, Sekretaris Ekonomi atau Bendahara.

Sementara itu, di Australia, penyelidikan negara terhadap pelecehan institusional mulai terendus, meski skandal itu ditutup-tutupi di Ballarat dan di tempat lain selama beberapa generasi. Royal Commision atau Komisi Kerajaan sebagai institusi yang lebih kuat dan komprehensif resmi membuka penyelidikan.

Pell tidak disebut sebagai tersangka di setiap penyelidikan. Ketika dia dipanggil untuk memberikan bukti di Komisi Kerajaan, itu hanya terkait dengan sepengetahuannya tentang perilaku orang lain. Interogasi waktu itu hanya seputar apakah dia hadir ketika para pemimpin gereja memutuskan untuk memindahkan para pastor yang tersinggung di antara paroki.

Dalam kesaksian kepada komisi pada bulan Maret 2016, Pell mengatakan bahwa dia tidak tahu tentang pelecehan seksual terhadap anak-anak di Ballarat oleh imam lain pada tahun 1970-an sampai keyakinannya pada tahun 1993, meskipun komisi tersebut telah mendengar kesaksian dari orang lain bahwa perilaku imam itu adalah rahasia terbuka di Keuskupan.

"Ini adalah kisah sedih dan itu tidak menarik bagi saya," katanya pada pertanyaan itu. Pell juga mengatakan Gereja membuat pilihan "bencana" dengan meminimalkan responsnya dan menutupi pengaduan.

Ketika gelombang tuduhan pelecehan global menjangkau Pell pada Juni 2017, beberapa orang paling kuat di negara itu mendukungnya, termasuk mantan perdana menteri konservatif Tony Abbott. Abbott, seorang Katolik yang taat, mengatakan kepada sebuah surat kabar, "George Pell yang saya kenal adalah pria yang sangat baik sekali".

Mantan perdana menteri konservatif lainnya, John Howard, memberikan referensi karakter secara tertulis untuk Pell di pengadilan. Dia mengatakan bahwa dia telah mengenal Pell selama 30 tahun.

"Tidak ada satu pun dari masalah ini yang mengubah pendapat saya tentang Kardinal," tulis Howard.

Katolik paling senior dari semuanya, Paus Fransiskus, yang menghadapi seruan untuk melucuti Pell dari status Kardinal-nya, mengatakan dia akan menahan komentar sampai proses banding selesai.

Pell termasuk di antara tiga kardinal yang didepak Paus dari kelompok penasihat dekatnya sehari setelah vonis bersalah disampaikan pengadilan bulan Desember lalu. Tidak ada alasan yang diberikan pada saat itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5265 seconds (0.1#10.140)