Trump: Saya Akan Kecewa Jika Korut Lanjutkan Uji Coba Nuklir

Sabtu, 09 Maret 2019 - 08:15 WIB
Trump: Saya Akan Kecewa Jika Korut Lanjutkan Uji Coba Nuklir
Trump: Saya Akan Kecewa Jika Korut Lanjutkan Uji Coba Nuklir
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengaku akan sangat kecewa jika Korea Utara (Korut) melanjutkan pengujian senjata nuklir. Ia pun menegaskan kembali kepercayaannya pada hubungannya yang baik dengan pemimpinnya, Kim Jong-un, meskipun pertemuan puncak keduanya di Hanoi, Vietnam, berujung kegagalan pekan lalu.

"Saya akan terkejut secara negatif jika dia melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan pemahaman kita. Tetapi kita akan lihat apa yang terjadi," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih.

"Saya akan sangat kecewa jika saya melihat pengujian (senjata nuklir)," imbuhnya seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (9/3/2019).

Meski begitu, Trump menegaskan hubungan dia dan AS dengan Kim Jong-un dan Korut sangat baik. "Saya pikir itu (hubungan) tetap baik," katanya.

Trump, yang menginginkan kemenangan kebijakan luar negeri besar-besaran atas Korut yang telah menghindar dari pendahulunya selama beberapa dekade, telah berulang kali menekankan hubungan baiknya dengan Kim.

Dia pergi jauh akhir tahun lalu dengan mengatakan bahwa mereka "jatuh cinta," tetapi sikap persahabatan itu telah gagal menjembatani kesenjangan yang lebar antara kedua belah pihak dan yang kedua di antara mereka runtuh pekan lalu karena perbedaan pada tuntutan AS agar Kim Jong-un melepaskan hak senjata nuklirnya dan tuntutan Korut untuk bantuan sanksi.

Korut, bagaimanapun, telah membekukan uji coba nuklir dan rudal sejak 2017, dan Trump menunjuk hal ini sebagai hasil positif dari hampir satu tahun keterlibatan tingkat tinggi dengan Korut.

Pernyataan Trump muncul setelah dua lembaga think tank AS dan agen mata-mata Seoul mengatakan minggu ini bahwa Korut sedang membangun kembali situs peluncuran rudal di Sohae di barat negara itu.

Baca Juga: Citra Satelit Tunjukkan Korut Membangun Kembali Situs Rudal

Ada juga laporan yang berasal dari dinas intelijen Korea Selatan (Korsel) tentang aktivitas baru di sebuah pabrik yang menghasilkan rudal balistik antarbenua pertama Korut yang mampu mencapai AS.

Situs peluncur rudal Sohae milik Korut di masa lalu digunakan untuk menyimpan mesin dan meluncurkan rudal. Menurut para pejabat AS, situs tersebut telah membantu pengembangan program senjata Korut. Pada pertemuan puncak pertama dengan Trump di Singapura bulan Juni tahun lalu, Kim Jong-un berjanji situs itu akan dibongkar.

Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton dan pejabat AS lainnya berusaha untuk mengecilkan aktivitas yang terlihat di Sohae, meskipun Trump menyebut kegiatan Korut baru-baru ini "mengecewakan."

Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri mengatakan ia tidak akan serta-merta memberikan kesimpulan dari lembaga-lembaga think tank bahwa situs Sohae telah beroperasi kembali, tetapi mengatakan setiap penggunaan situs tersebut akan dipandang sebagai kemunduran terhadap komitmen kepada Trump.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4286 seconds (0.1#10.140)