Otoritas Palestina Berniat Memerintah Wilayah Gaza

Selasa, 28 Mei 2024 - 11:11 WIB
loading...
Otoritas Palestina Berniat...
Perdana Menteri Palestina Mohammad Mustafa disambut Presiden Dewan Eropa Charles Michel di Brussels, Belgia, 26 Mei 2024. Foto/REUTERS/JOHANNA GERON
A A A
JALUR GAZA - Otoritas Palestina harus bersiap memerintah seluruh wilayah Palestina termasuk Gaza, tegas Perdana Menteri Mohammad Mustafa pada Minggu (26/5/2024) saat konferensi pers di Brussels.

“Pembentukan negara Palestina adalah satu-satunya cara untuk mencapai perdamaian yang adil dan komprehensif di kawasan dan pemerintah perlu bekerja cepat untuk membantu rakyat kami di Gaza dan mempersiapkan hari di mana kami akan berkuasa di Gaza,” ujar Mustafa.

Otoritas Palestina yang dipimpin Fatah, yang berbasis di Ramallah, saat ini hanya menguasai sebagian Tepi Barat, sementara kelompok saingannya, Hamas, menguasai Gaza.

Namun, perundingan rekonsiliasi antara faksi-faksi yang bertikai telah dihidupkan kembali sejak dimulainya perang Israel-Gaza pada Oktober tahun lalu.

Mustafa menekankan, “Pemerintah Palestina berkomitmen bekerja keras mendukung rakyat kami di Gaza dan mengintegrasikan mereka ke dalam Otoritas Palestina untuk melakukan reformasi dan meningkatkan kinerja lembaga-lembaga kami, dan memberikan layanan yang baik bagi warga kami di Gaza dan Tepi Barat, dalam persiapan untuk kemerdekaan penuh dan status kenegaraan.”

Pernyataan perdana menteri tersebut disampaikan setelah pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares setelah Spanyol, bersama dengan Irlandia dan Norwegia, secara resmi mengakui Negara Palestina pada pekan lalu.



Saat ini Negara Palestina diakui 143 anggota PBB dan setengah dari G20, termasuk Indonesia, China, India, Meksiko, Brasil, Afrika Selatan, dan Turki.

Perdana Menteri Palestina memuji langkah Spanyol, Irlandia dan Norwegia, dan menyebutnya sebagai langkah pertama menuju perdamaian abadi di wilayah tersebut.

Dia mendesak negara-negara Eropa lainnya untuk mengikuti jejak ketiga negara dan mengakui bangsanya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)