Belanda Tarik Pulang Duta Besar di Iran

Selasa, 05 Maret 2019 - 04:26 WIB
Belanda Tarik Pulang Duta Besar di Iran
Belanda Tarik Pulang Duta Besar di Iran
A A A
AMSTERDAM - Belanda dilaporkan telah memanggil pulang Duta Besarnya untuk Iran untuk konsultasi. Keputusan ini diambil setelah Iran mengusir sejumlah diplomat Belanda disuir oleh Teheran.

Iran mengusir diplomat Belanda sebagai tanggapan terhadap pengusiran dua diplomat Iran dari Belanda pada Juni 2018, karena indikasi kuat dari badan intelijen Belanda, AIVD bahwa Iran telah terlibat dalam pembunuhan dua warga Iran di Belanda.

"Pemerintah telah memutuskan untuk memanggil Duta Besar Belanda di Teheran untuk konsultasi," kata Menteri Luar Negeri Belanda, Stef Blok dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Selasa (5/3).

"Keputusan ini menyusul pengumuman oleh Kementerian Luar Negeri Iran bahwa dua diplomat Belanda di kedutaan di Teheran telah dinyatakan sebagai persona non grata dan harus meninggalkan negara itu. Para diplomat telah kembali ke Belanda," sambungnya.

Dia lalu mengatakan, Duta Besar Beladan di Iran dipanggil pulang untuk menjelaskan pengusiran itu, yang dikatakan Blok adalah sesuatu yang tidak dapat diterima dan negatif untuk pengembangan hubungan bilateral.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4805 seconds (0.1#10.140)