alexametrics

Cerita Proyek-proyek Rekayasa Menakjubkan Buatan Manusia

loading...
Cerita Proyek-proyek Rekayasa Menakjubkan Buatan Manusia
Cerita Proyek-proyek Rekayasa Menakjubkan Buatan Manusia
A+ A-
Manusia hidup di era di mana segala sesuatu dapat dibayangkan dan dapat dibangun. Satelit canggih, hotel terapung, jembatan dan terowongan bawah air raksasa, dan gedung pencakar langit adalah beberapa proyek luar biasa yang sukses dibuat manusia. Berikut 10 proyek rekayasa.

1.IRIDIUM SATELLITE

Konstelasi satelit Iridium adalah jaringan 66 satelit yang menyediakan jangkauan suara dan data ke satelit, pager dan transceiver lain di permukaan bumi. Proyek ini dirancang pada 1987 oleh para insinyur Motorola dan sistem menjadi operasional dan tersedia secara komersial pada 1998. Biaya yang dibutuhkan untuk meluncurkan satelit ini ke orbit Bumi adalah USD5 miliar.

2.SKY CITIES




Inilah kota langit, gedung futuristik di atas langit. Sky Cities akan mengurangi kepadatan di daerah perkotaan dengan struktur menantang yang dibuat para insinyur dan arsitek berpengalaman. Pada 1989, sebuah perusahaan teknik mengusulkan struktur menara serba guna untuk berbagai keperluan yang disebut Sky City 1000.

Rencana tersebut terdiri dari bangunan setinggi 1 km, lebar 400 m dan total luas lantai 8 km persegi yang akan menampung sekitar 36.000 orang dan 100.000 pekerja. Jika selesai, Sky city 1000 akan menjadi struktur buatan manusia tertinggi di dunia.

3.CHANNEL TUNNEL

Terowongan Saluran (Kadang-kadang disebut Channel) adalah terowongan kereta sepanjang 50,5 kilometer yang menghubungkan Prancis dan Inggris. Ia memiliki 2 terowongan jalur tunggal dan terowongan servis tunggal yang dialiri listrik volt 25k a.c, dengan kecepatan operasi 160 kilometer per jam.

Proyek ini selesai pada 1994 dan menelan biaya USD21 miliar. Membangun Channel memakan waktu 6 tahun dan konstruksi melibatkan 13 ribu pekerja dan insinyur, 250 ribu gambar teknik dan 10 kasus kematian.

4.TRANSATLANTIC TUNNEL

Terowongan Transatlantik adalah terowongan teoretis yang akan menghubungkan Eropa dan Amerika Utara. Terowongan ini nantinya akan dilengkapi kereta berteknologi canggih dengan kecepatan hingga 8.000 km per jam. Jika berhasil dibangun, proyek ini akan menjadi moda transportasi yang efisien dan cepat, bahkan jika dibandingkan dengan perjalanan udara. Perkiraan biaya konstruksi keseluruhan terowongan adalah USD200 miliar hingga USD12 triliun.

5.FIA SATELLITE


FIA-Future Imaginary Architecture adalah program untuk merancang generasi baru radar dan pencitraan optik satelit AS yang akan mampu beroperasi di malam hari dan memprediksi cuaca buruk. Tetapi proyek itu akhirnya dibatalkan oleh direktur Intelijen Nasional, John Negroponte pada September 2005.

Lebih dari USD10 miliar telah dihabiskan untuk FIA terkait proyek ini. Proyek ini adalah kegagalan paling spektakuler dan mahal dalam 50 tahun sejarah proyek satelit mata-mata negeri Paman Sam.

6.THE INTERNATIONAL SPACE STATION (ISS)

The International Space Station (Stasiun Luar Angkasa Internasional) adalah objek terbesar yang pernah dikirim ke luar angkasa. Ini adalah satelit buatan di orbit bumi rendah. Beratnya 450.000 kg dan panjang 72,8m yang berputar mengelilingi bumi dengan kecepatan rata-rata 7,66 km per detik. Biaya konstruksi sekitar USD100 miliar. Sebenarnya itu adalah proyek besar yang sering dapat dilihat dengan mata telanjang pada waktu yang tepat dari bumi.

7.BURJ KHALIFA

Burj Khalifa adalah gedung pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) dan merupakan salah satu struktur buatan manusia tertinggi di dunia. Proyek ini dimulai pada 2002 dan selesai pada Oktober 2009. Bangunan ini setinggi 829,8 meter, arsitektur dan teknik dilakukan oleh Owings, Merrill dan Skidmore dari Chicago. Burj Khalifa berisi 163 lantai ditambah 46 tingkat pemeliharaan dan 2 tingkat parkir di area 309.472 meter persegi. Proyek ini menelan biaya konstruksi USD1,5 miliar.

8.ARABIAN CANAL


Arabian Canal (Kanal Arab) adalah kanal buatan manusia terpanjang di dunia dengan panjang 75 kilometer. Awalnya direncanakan selesai pada 2012 tetapi telah ditunda sejak 2009. Canal ini akan membutuhkan penggalian sebanyak 1,1 miliar meter kubik tanah dan biaya yang diproyeksikan adalah sekitar USD11 miliar.

9.THE BIG DIG


Pada awal 80-an ada proyek besar lalu lintas di Central Artery (Boston) bernama Central Artery / Tunnel yang juga dikenal sebagai Big Dig. Ini adalah terowongan 5,6 km, juga termasuk pembangunan Terowongan Ted Williams. Itu adalah proyek jalan raya paling mahal di AS yang terganggu oleh cacat desain, pembengkakan biaya, biaya eksekusi yang buruk, kebocoran, penangkapan kriminal dan 1 kematian. Proyek ini selesai pada Desember 2007 dengan menghabiskan total biaya USD18 miliar.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak