Brazil Tolak Jadi Basis AS untuk Serang Venezuela

Selasa, 26 Februari 2019 - 19:50 WIB
Brazil Tolak Jadi Basis AS untuk Serang Venezuela
Brazil Tolak Jadi Basis AS untuk Serang Venezuela
A A A
BRASILIA - Wakil Presiden Brazil, Hamilton Mourao mengatakan, negaranya tidak akan mengizinkan Amerika Serikat (AS) melakukan intervensi militer di Venezuela dari wilayah Brazil.

Berbicara saat pertemuan Kelompok Lima di Bogota, Kolombia untuk membahas situasi di Venezuela, Mourao menuturkan bahwa pihaknya menentang intervensi militer apa pun oleh AS di Venezuela.

Mourao, seperti dilansir Anadolu Agency pada Selasa (26/2), mengatakan negaranya bekerja untuk memastikan bahwa krisis di Venezuela tidak berubah menjadi konflik bersenjata di wilayah tersebut.

Terkait pertemuan Kelompok Lima di Bogota, dalam pernyataan bersama, mereka meminta Mahkamah Pidana Internasional untuk mempertimbangkan penolakan Presiden Venezuela, Nicolas Maduro untuk mengizinkan bantuan kemanusiaan sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan.

Kelompok itu mengecam Maduro karena merampas makanan, obat-obatan, dan kebutuhan dasar orang. "Negara-negara yang masih bekerja sama dengan Venezuela akan dipanggil untuk membantu menyelesaikan krisis politik di negara itu," bunyi pernyataan Kelompok Lima.

Menekankan bahwa Juan Guaido akan didukung secara permanen, kelompok itu menyerukan kepada pengadilan dan Angkatan Bersenjata Venezuela untuk mengakui Guaido.

"Transisi menuju demokrasi harus dilakukan secara damai oleh Venezuela dalam kerangka konstitusi dan hukum internasional, didukung oleh langkah-langkah politik dan diplomatik, tanpa menggunakan kekuatan," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3721 seconds (0.1#10.140)