alexametrics

Orang-orang yang Lolos dari Pembantaian Holocaust

loading...
Orang-orang yang Lolos dari Pembantaian Holocaust
Pembantaian Nazi kepada orang-orang Yahudi dilakukan secara sistematis untuk menghancurkan suatu kaum. Ajaibnya, ada sejumlah orang yang berhasil lolos dari horor holocaust. Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
SEJARAH manusia paling gelap itu bernama holocaust. Pembantaian Nazi kepada orang-orang Yahudi dilakukan secara sistematis untuk menghancurkan suatu kaum. Ajaibnya, ada sejumlah orang yang berhasil lolos dari horor holocaust. Siapa saja mereka?

1. Leo Bretholz
Orang-orang yang Lolos dari Pembantaian Holocaust


Leo adalah anak tertua dan satu-satunya putra imigran Polandia di Wina, Austria. Pada 1933-1939: sentimen anti-Yahudi meningkat setelah Jerman mencaplok Austria pada 1938. Orang-orang Yahudi, termasuk beberapa paman dan tetangga Leo, ditangkap.

Leo saat itu baru berusia 17 dan berhasil lolos setelah melompat dari kereta yang membawanya bersama dengan ribuan orang Yahudi menuju kamp Auschwitz pada 5 November 1942. Leo hidup sebagai buron Nazi dari 1938-1945. Leo berimigrasi ke AS pada 1947 dan meninggal pada 8 Maret 2014.



2. Michael Kutz
Orang-orang yang Lolos dari Pembantaian Holocaust


Michael Kutz berusia 10 ketika Nazi tiba di Nieswiez, Belarus pada Juni 1941. Hampir terkubur hidup-hidup, Michael Kutz yang berusia 10 tahun lolos dari pembantaian Nazi yang menewaskan 4.000 orang Yahudi, termasuk keluarganya sendiri.

Terinspirasi kata-kata terakhir ibunya dan bertekad bertahan hidup, ia menjadi anggota termuda dari kelompok perlawanan partisan di hutan Belrus yang lebat, dan ikut serta dalam operasi melawan Nazi. Dia tiba di Kanada pada 1948 dan menetap di Montreal pada awal 1950-an, di mana ia bergabung dengan berbagai organisasi amal.

3. Keluarga Chiger

Orang-orang yang Lolos dari Pembantaian Holocaust


Sebagai gadis Yahudi yang tumbuh di Lvov, Polandia, Chiger mengalami pendudukan Nazi atas kotanya dan ghettoisasi, penghinaan, serta kebrutalan. Chiger dan keluarganya melarikan diri bersama orang Yahudi lainnya dengan bersembunyi ke saluran pembuangan kota dan dengan bantuan seorang pekerja saluran pembuangan Katolik, Leopold Socha dan bertahan di sana selama 14 bulan.

Krystyna Chiger adalah anggota terakhir keluarga Chiger yang selamat dari Holocaust dengan bersembunyi di selokan Lvov. Kisah mereka yang luar biasa sekarang menjadi subjek dari drama Holocaust yang dinominasikan oleh Agnieszka Holland berjudul “In Darkness”.

4. Rolf Joseph
Orang-orang yang Lolos dari Pembantaian Holocaust


Rolf Joseph lahir di Berlin pada 1920. Di era Nazi, Joseph berulangkali ditangkap dan hendak diangkut ke kamp konsentrasi. Sebuah mujizat terjadi, karena ia selalu dapat lolos dari kekejaman Nazi. Juni 1942, orangtuanya diciduk. Beberapa bulan kemudian giliran dirinya ditangkap dan dibawa ke Auschwitz dengan kereta.

Tapi nasib baik masih menyertai Joseph. Ia menemukan tang. Dengan alat itu ia dapat membuka borgol untuk kabur dengan cara melompat dari kereta. Ia kemudian dirawat di rumah sakit Yahudi karena sakit cacar.
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak