alexametrics

Kontes Foto Andrei Stenin Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

loading...
Kontes Foto Andrei Stenin Berhadiah Puluhan Juta Rupiah
Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Kontes foto jurnalistik berskala global Andrei Stenin dibuka pada tahun ini dengan batas waktu pengiriman karya sampai 28 Februari 2019. Peserta yang menjadi juara pertama akan meraih hadiah 100 ribu ruble (Rp21 juta), juara kedua 75 ribu ruble (Rp15 juta), dan juara ketiga 50 ribu ruble (Rp10 juta).

Peserta yang tertarik, tertantang, dan ingin berkompetisi dengan para fotografer jurnalistik terbaik dari seluruh dunia dapat berpartisipasi di situs stenincontest.com. Pada tahun lalu, jumlah karya yang dilombakan di Andrei Stenin mencapai 6.000 foto dari 77 negara. Karya terbaik akan dipamerkan ke seluruh dunia.

Sama seperti empat tahun sebelumnya, peserta harus berusia 18-33 tahun. “Kontes foto ini adalah satu-satunya perlombaan di Rusia yang menampung nama-nama baru jurnalis foto di dunia dan meningkatkan standar kualitas fotografi. Kontes ini bertujuan untuk memotivasi para jurnalis foto,” ungkap panitia.



Namun, pada tahun ini, ada sedikit perbedaan. Sebagai kontes tahun kelima, pihak panitia membuka kategori baru, yakni A Hero of Our Time untuk melengkapi Top News, Sport, My Planet, dan Portrait. Selain itu, meski diberi kebebasan dalam berekspresi, peserta tidak diperkenankan memadukan dua foto yang berbeda.

“Juara Grand Prix akan memperoleh hadiah 700 ribu rubel (Rp147 juta). Di samping itu, karya mereka akan dipamerkan di Rusia dan di seluruh dunia dalam sebuah event, mulai dari Eropa, Asia, Amerika Latin, Afrika, dan Timur Tengah,” ungkap panitia. Pada 2016, pameran diadakan di Moskow, Istanbul, Kairo, dan Roma.

Kurator Andrei Stenin, Oksana Oleinik, yang juga Kepala Layanan Proyek Visual Direktorat Informasi Foto Rossiya Segodnya mengajak jurnalis foto muda dari seluruh dunia, termasuk Indonesia, untuk ambil bagian pada kontes tahun ini. Dia juga berharap kontes ini dapat membantu meningkatkan keterampilan para fotografer.

Pada tahun lalu, kontes ini mendapat dukungan positif dari perusahaan media besar di Rusia dan dunia, kantor berita, dan komunitas fotografi. Mitra Andrei Stenin meliputi Shanghai United Media Group (SUMG), jaringan TV Al Mayadeen, dan organisasi kemanusiaan terbesar dunia, Komite Palang Merah Internasional.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak