Putin: Misil AS Tidak Diterima di Eropa

Sabtu, 16 Februari 2019 - 16:28 WIB
Putin: Misil AS Tidak Diterima di Eropa
Putin: Misil AS Tidak Diterima di Eropa
A A A
SOCHI - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan ia percaya negara-negara Eropa sejatinya menolak menempatkan rudal Amerika Serikat (AS) di perbatasan mereka. Namun, kata Putin, mereka terlalu takut untuk mengatakan hal itu kepada Washington.

Lebih jauh, Putin menuding AS telah melanggar kedaulatan sekutu-sekutunya.

"Apakah Anda pikir salah satu negara Eropa menginginkan rudal jarak menengah AS dikerahkan di Eropa? Tidak ada yang menginginkan ini, tetapi mereka memilih untuk tetap diam," kata Putin.

"Di mana kedaulatan mereka?" imbuhnya seperti disitir dari Newsweek, Sabtu (16/2/2019).

Ia lantas membandingkan Uni Eropa dengan Uni Soviet. Menurutnya keputusan yang dibuat untuk negara-negara Eropa di Brussels tidak jauh berbeda dengan cara politbiro komunis membuat keputusan untuk 15 negara anggota Republik Soviet.

"Negara yang benar-benar merdeka tidak ada," cetus Putin.

Pemerintah AS baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan meninggalkan perjanjian Kekuatan Nuklir Jangka Menengah (INF) dalam 180 hari jika Rusia tidak mematuhinya. AS dan sekutunya di Eropa telah berulang kali menuduh Moskow melanggar perjanjian, yang melarang semua rudal balistik diluncurkan dengan jangkauan sekitar 300 hingga 3.500 mil.

Namun Moskow bersikeras tidak melakukan pelanggaran.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3294 seconds (0.1#10.140)