alexametrics

Zarif Peringatkan AS: Perang dengan Iran Sama Saja Bunuh Diri

loading...
Zarif Peringatkan AS: Perang dengan Iran Sama Saja Bunuh Diri
Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif. Foto/Istimewa
A+ A-
MUNICH - Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, memperingatkan Amerika Serikat (AS) dan sekutunya jika mereka ingin memerangi Teheran. Zarif menyatakan apa yang dilakukan oleh AS dan sekutunya adalah bunuh diri jika memulai perang dengan Iran. Ia pun menuduh Washington memiliki "obsesi patologis" dengan negaranya.

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan NBC News, Zarif mengatakan bahwa "geng yang sama" di belakang Perang Irak 2003 telah "melakukan lagi" dalam mendorong perang dengan negaranya.

"Saya tidak mengatakan pemerintahan Presiden Trump, saya mengatakan orang-orang dalam pemerintahan Presiden Trump berusaha menciptakan kemungkinan yang sama dan saya percaya mereka akan gagal," katanya seperti dilansir dari situs yang berbasis di New York, AS, itu, Sabtu (16/2/2019).



Namun, dia mengatakan dia berharap "akal akan menang" tetapi memperingatkan bahwa orang akan mengetahui bahwa bunuh diri untuk terlibat dalam perang dengan Iran.

Zarif juga tampaknya menolak gagasan untuk merundingkan kembali tenggang waktu perjanjian nuklir Iran 2015 yang bertujuan membatasi program senjata negara itu dengan imbalan bantuan sanksi.

Pemerintah AS di bawah Presiden Donald Trump telah menarik diri dari perjanjian nuklir Iran tahun lalu. Keputusan ini membuat Trump berada di seberang jalan dengan para pemimpin Eropa dan pengawas independen yang mengatakan Iran telah mematuhi persyaratan perjanjian tersebut.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak