alexametrics

Pompeo: Putin Ancaman Bagi Demokrasi di Seluruh Dunia

loading...
Pompeo: Putin Ancaman Bagi Demokrasi di Seluruh Dunia
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin merupakan ancaman bagi demokrasi di seluruh dunia. Foto/Istimewa
A+ A-
BRATISLAVA - Presiden Rusia Vladimir Putin merupakan ancaman bagi demokrasi di seluruh dunia dan China memanipulasi sistem politik di Eropa. Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo.

Pernyataan itu dilayangkan diplomat top AS saat melanjutkan kunjungannya ke Eropa Tengah yang bertujuan untuk membatasi pengaruh Rusia dan China yang tumbuh di wilayah tersebut.

Pompeo, dalam tur lima negara, mengatakan kepada audiensi di Slovakia bahwa tiga dekade setelah jatuhnya Tirai Besi pada tahun 1989 mereka harus menyadari "agresi Rusia" yang merusak kebebasan mereka.



"Vladimir Putin berniat merusak demokrasi di seluruh dunia, jangan membuat kesalahan tentang itu. Kita harus sangat jujur ‚Äč‚Äčtentang itu," kata Pompeo kepada mahasiswa jurnalisme di Ibu Kota Slovakia, Bratislava.

"Namun, Rusia bukan satu-satunya negara yang berupaya mengikis kedaulatan dan kebebasan di Eropa," imbuhnya seperti dilansir dari Al Jazeera, Rabu (13/2/2019).

Pompeo mengatakan ia telah menyinggung kebutuhan untuk berjaga-jaga terhadap ekonomi Cina dan upaya-upaya lain untuk menciptakan ketergantungan dan memanipulasi sistem politik Anda dengan para pejabat Slovakia .

"Ini nyata, disengaja dan mereka mencoba melakukan hal-hal yang merusak kedaulatanmu," katanya.

Pompeo berada di Slovakia pada kunjungan kedua dari tur Eropa yang dimulai di Hongaria, sebelum mendarat di Polandia pada hari Selasa.

Pompeo berusaha untuk menyoroti peran AS dalam jatuhnya komunisme tiga dekade lalu pada saat Putin menemukan audiensi yang semakin luas di bekas Blok Timur.

Presiden Donald Trump telah menyuarakan kekaguman terhadap Putin tetapi pemerintah AS yang lebih luas tetap curiga terhadap pemimpin Rusia dan berusaha mencari alternatif bagi negara-negara Eropa untuk ekspor energi Rusia.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak