alexametrics

AS Umumkan Bantuan untuk Venezuela Dikirim ke Kolombia

loading...
AS Umumkan Bantuan untuk Venezuela Dikirim ke Kolombia
AS kirimkan gelombang pertama bantuan kemanusiaan untuk Venezuela ke pusat pengumpulan bantuan di kota Cucuta, Kolombia. Foto/Istimewa
A+ A-
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) telah mengirimkan gelombang pertama bantuan kemanusiaan untuk Venezuela ke pusat pengumpulan bantuan di kota Cucuta, Kolombia, yang terletak di perbatasan Venezuela. Begitu bunyi pernyataan yang dikeluarkan Departemen Luar Negeri (Deplu) AS.

"Amerika Serikat dengan bangga mengumumkan kedatangan pengiriman pertama pasokan bantuan yang dikirim di Cucuta, Kolombia untuk rakyat Venezuela," kata Deplu AS di akun Twitternya.

"Kami akan terus bekerja dengan @jguaido (Juan Guaido, presiden sementara Venezuela) dan mitra kami untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada Venezuela yang membutuhkan," sambung pernyataan itu seperti dikutip dari Sputnik, Minggu (10/2/2019).



Pemerintah Venezuela mengklaim bahwa negara itu tidak mengalami krisis kemanusiaan. Presiden Nicolas Maduro menuding Washington bertanggung jawab untuk melakukan kudeta negara di negaranya, dengan mengecam bantuan AS sebagai pertunjukan politik.

Dilaporkan pada awal minggu bahwa militer Venezuela telah memblokir akses ke jembatan yang menyatukan Cucuta dan kota Urena di Venezuela untuk mencegah kemungkinan pengiriman bantuan kemanusiaan.

Baca: Tentara Venezuela Blokade Koridor untuk Bantuan Kemanusiaan

Sementara itu, Guaido, yang telah menantang presiden Maduro, menyambut bantuan kemanusiaan dari luar negeri. Oposisi Venezuela telah mengumumkan rencananya untuk mengadakan konferensi internasional untuk menarik bantuan kemanusiaan ke Venezuela di Washington pada 14 Februari.

Guaido menyatakan dirinya sebagai presiden sementara negara itu pada 23 Januari lalu. Sementara Amerika Serikat dan sejumlah sekutu mendukungnya, Rusia, China dan Meksiko, serta beberapa negara lain, mendukung Maduro sebagai presiden sah negara itu.

Negara-negara Uni Eropa (UE) diharapkan mengeluarkan pernyataan bersama mengakui Guaido, tetapi Italia memveto mosi tersebut.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak