alexametrics

Terungkap, AS Bangun Pangkalan Nuklir Mobile di Bawah Greenland

loading...
Terungkap, AS Bangun Pangkalan Nuklir Mobile di Bawah Greenland
Pangkalan nuklir AS di Greenland. Foto/Istimewa
A+ A-
WASHINGTON - Sebuah film dokumenter berhasil mengungkap keberadaan pangkalan nuklir bergerak (mobile) yang berfungsi penuh di bawah es Greenland yang dibangun oleh Amerika Serikat (AS).

Untuk diketahui, pada tahun 1960, AS menjalankan proyek yang dikenal sebagai Camp Century di pulau itu untuk mempelajari kelayakan bekerja di bawah es. Namun file-file yang dideklasifikasikan (sudah tidak rahasia) menunjukkan bahwa proyek itu sebenarnya adalah adalah program rahasia Perang Dingin. Project Iceworm adalah nama kode untuk misi Angkatan Darat Amerika Serikat untuk membangun jaringan situs peluncuran rudal nuklir mobile.

Tujuan utamanya adalah menempatkan rudal jarak menengah di bawah es cukup dekat untuk menyerang sasaran di dalam Uni Soviet.



Film seri dokumenter Youtube bertajuk The Real Secrets of Antarctica mengungkap bagaimana proyek itu terungkap pada Januari 1995.

“Beberapa pengungkapan yang sangat menarik dideklasifikasi tentang instalasi militer AS di Greenland yang terjadi pada 1960-an," narasi film dokumenter itu seperti dikutip dari Daily Express, Minggu (10/2/2019).

“Mereka memberi orang-orang Amerika cerita yang dipublikasikan tentang kemajuan dalam penelitian dan membangun kota bawah tanah di bawah Greenland yang disebut Camp Century," sambungnya.

“Baru kemudian kebenaran tentang Project Iceworm muncul. Pentagon berusaha menempatkan situs peluncuran nuklir bergerak untuk memanfaatkan ribuan mil terowongan," demikian film dokumenter tersebut.

Project Iceworm akan menjadi sistem terowongan sepanjang 2.500 mil, yang digunakan untuk mengerahkan hingga 600 rudal nuklir, yang dapat mencapai Uni Soviet jika terjadi perang nuklir.

Lokasi rudal akan berada di bawah lapisan es Greenland dan harus diubah secara berkala. Sebanyak 21 parit dipotong dan ditutup dengan atap melengkung di mana bangunan prefabrikasi didirikan.

Terowongan ini juga berisi rumah sakit, toko, teater, dan gereja dan jumlah total penduduk sekitar 200.

Dari tahun 1960 hingga 1963, pasokan listrik disediakan melalui reaktor nuklir mobile pertama di dunia, bernama PM-2A. Sementara air disuplai oleh gletser yang mencair dan diuji untuk menentukan apakah ada kuman, termasuk tes untuk virus wabah.

Namun, hanya tiga tahun setelah dibangun, sampel inti es yang diambil oleh ahli geologi menunjukkan bahwa gletser bergerak lebih cepat daripada yang diperkirakan dan akan menghancurkan terowongan dan stasiun peluncuran dalam waktu sekitar dua tahun.

Fasilitas itu dievakuasi pada tahun 1965, dan generator nuklir dilepas. Project Iceworm kemdian dibatalkan, dan Camp Century ditutup pada 1966.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak