alexametrics

AS Minta PBB Keluarkan Resolusi Serukan Pemilu di Venezuela

loading...
AS Minta PBB Keluarkan Resolusi Serukan Pemilu di Venezuela
AS ajukan rancangan resolusi yang meminta PBB menyerukan diadakannya pemilu di Venezuela. Foto/Istimewa
A+ A-
NEW YORK - Amerika Serikat (AS) dan sekutunya di Dewan Keamanan PBB membagikan rancangan resolusi yang menyerukan bantuan internasional dan pemilu presiden di Venezuela. Sejumlah diplomat PBB menilai rancangan itu akan mentah ditangan Rusia dengan kekuatan vetonya. Rusia adalah sekutu terdekat presiden Venezuela Nicolas Maduro.

Dalam rancangan yang diajukan oleh AS itu tidak ada tanggal yang telah ditetapkan untuk digelarnya pemilu Venezuela. Teks dalam rancangan itu menyatakan dukungan penuh untuk Majelis Nasional, sebutan untuk parlemen Vanezuela, sebagai satu-satunya lembaga yang dipilih secara demokratis di Venezuela.

Ketua Majelis Nasional, Juan Guaido, telah menyatakan dirinya sebagai presiden sementara Venezuela dan menantang pemerintahan Maduro.



"Keprihatinan mendalam dengan kekerasan dan penggunaan kekuatan yang berlebihan oleh pasukan keamanan Venezuela terhadap demonstran yang tidak bersenjata dan damai," rancangan resolusi tersebut menekankan seperti dikutip dari Channel News Asia, Minggu (10/2/2019).

Rancangan itu menyerukan dimulainya segera proses politik yang mengarah pada pemilihan presiden yang bebas, adil dan kredibel, dengan pengamat pemilu internasional sejalan dengan konstitusi Venezuela.

Teks itu juga meminta Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres memanfaatkan jabatan dengan baiknya untuk menggelar pemilihan semacam itu.

Rancangan resolusi tersebut juga menekankan perlunya mencegah kerusakan lebih lanjut dari situasi kemanusiaan di Venezuela dan untuk memfasilitasi akses serta pemberian bantuan kepada semua yang membutuhkan di seluruh wilayah Venezuela.

Para diplomat PBB mengatakan pada hari Jumat, Moskow mengusulkan rancangan alternatif dari yang diajukan oleh AS.

Bantuan kemanusiaan yang dikirim oleh Amerika Serikat baru-baru ini tiba di kota Cucuta Kolombia di perbatasan dengan Venezuela, tetapi Maduro menolak untuk membiarkannya masuk ke negara itu.

Baca juga: Truk-truk Bantuan Kemanusiaan Tiba di Perbatasan Venezuela

Guaido mengatakan pada hari Jumat bahwa ia siap untuk mengambil tindakan yang diperlukan, termasuk memberikan wewenang intervensi militer AS, untuk memaksa Maduro lengser dari kekuasaan dan meringankan krisis kemanusiaan.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak