alexametrics

5 Hal Tentang Putri Thailand yang Calonkan Diri sebagai PM

loading...
5 Hal Tentang Putri Thailand yang Calonkan Diri sebagai PM
Putri Ubolratana Rajakanya Sirivadhana Barnavadi, 67, putri Kerajaan Thailand mencalonkan diri sebagai perdana menteri dalam pemilu. Foto/alliance/dpa/SOPA
A+ A-
BANGKOK - Putri Ubolratana Rajakanya Sirivadhana Barnavadi, 67, mengejutkan publik Thailand setelah mengumumkan bahwa dia mencalonkan diri sebagai perdana menteri dalam pemilu 24 Maret mendatang. Dia adalah kakak Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, 66.

Sang putri maju melalui Partai Thai Raksa Chart, partai klan politik Shinawatra. Pencalonannya mematahkan tradisi lama Kerajaan Thailand yang menjauhi politik. Raja Maha Vajiralongkorn sendiri menolak pencalonan tersebut dengan menyebutnya sebagai tindakan tidak pantas.

Jika diloloskan Komisi Pemilihan Umum, Putri Ubolratana akan bertarung dengan beberapa kandidat salah satunya Prayut Chan-o-cha, pemimpin junta militer Thailand, yang sama-sama mengumumkan pencalonannya pada Jumat (8/2/2019).



Lahir pada tahun 1951 di Lausanne, Swiss, nama lengkapnya adalah Ubolratana Rajakanya Sirivadhana Barnavadi. Politik menjadi dunia baru bagi sang putri. Dia selama ini justru dikenal sebagai bintang televisi.

Berikut lima hal tentang sosok Putri Ubolratna, calon bintang politik baru di negeri Gajah Putih.

1. Tanggalkan Gelar Bangsawan demi Cinta


Pteri Ubolratana melepaskan gelar bangsawan pada 25 Juli 1972, ketika dia menikah dengan pria Amerika Serikat, Peter Jensen, yang dia temui saat kuliah di Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Dia belajar matematika dan bio-kimia di MIT. Menurut Reuters, dia juga memperoleh gelar master di bidang kesehatan masyarakat dari University of California di Los Angeles.

Dia adalah salah satu dari beberapa bangsawan yang terkenal menanggalkan gelar bangsawannya demi cinta. Para bangsawan yang melakukan hal sama antara lain; Raja Edward dari Inggris yang turun takhta untuk menikahi perempuan Amerika Serikat; Wallis Simpson, pada tahun 1936. Putri Mako dari Jepang juga menanggalkan gelar bangsawannya demi menikah dengan seorang pria jelata Kei Komuro.

Puteri Ubolratana tinggal di Amerika Serikat selama 26 tahun hingga 1998. Dia kembali ke Thailand setelah bercerai dengan Jensen.
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak