alexametrics

Belanda Bayar Warganya untuk Mengendarai Sepeda

loading...
Belanda Bayar Warganya untuk Mengendarai Sepeda
Belanda Bayar Warganya untuk Mengendarai Sepeda. (CNN).
A+ A-
AMSTERDAM - Dengan 17 juta warga dan 23 juta sepeda, Belanda memiliki lebih banyak sepeda dibandingkan manusia. Sekarang, negara itu ingin lebih banyak sepeda berada di jalanan.

Belanda pun akan membayar warganya yang bersedia naik sepeda. Pemerintah Belanda baru-baru ini mengumumkan akan menginvestasikan USD390 juta untuk infrastruktur sepeda agar 200.000 orang lebih dapat berkomuter dengan sepeda dalam tiga tahun mendatang.

Sebanyak 15 rute telah dikembangkan menjadi “jalan tol sepeda” yang khusus digunakan para pengendara sepeda. “Sebanyak 25.000 tempat parkir sepeda akan dibangun dan lebih dari 60 fasilitas gudang sepeda akan diperbaiki,” ungkap pernyataan Kementerian Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda, dilansir CNN.



“Ambisi saya untuk menjamin orang dapat mudah berangkat kerja atau sekolah, atau mengunjungi keluarga dan teman,” papar Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda Stientje van Veldhoven yang memimpin proyek tersebut.

Kebijakan ini bukan karena tidak banyak warga yang bersepeda di Belanda. Pada 2016, lebih dari seperempat dari total perjalanan dilakukan warga Belanda dengan naik sepeda, menurut data Institut Belanda untuk Analisis kebijakan Transportasi.

Namun, hanya 25% perjalanan itu yang terkait untuk ke tempat kerja, dibandingkan dengan 37% yang melakukannya untuk bersantai. Sisanya untuk sekolah, belanja, atau aktivitas lain.

Menurut Van Veldhoven, lebih dari 50% orang di Belanda tinggal kurang dari 15 km dari tempat kerja dan lebih dari setengah komuter dengan mobil menempuh jarak kurang dari 7,5 km. “Jarak itu dapat dengan mudah diganti dengan sepeda,” papar dia.

Agar warga meninggalkan mobil mereka, uang pun digelontorkan di meja. Belanda saat ini memberi imbalan kepada komuter pengguna sepeda dengan kredit pajak hingga USD0,22 per km. Berbagai perusahaan dan karyawan pun akan sepakat dengan jarak rute sepeda per orang.

“Meski demikian, ini merupakan tunjangan yang saat ini kurang diketahui kebanyakan pegawai,” ungkap pernyataan kementerian itu. Pemerintah pun berharap akan ada perubahan dengan mempromosikan kebijakan itu lebih gencar dan melibatkan lebih banyak perusahaan.

Saat ini telah ada 11 perusahaan besar di Belanda yang menerapkan kebijakan seperti mendanai sepeda pegawai. Pemerintah mendorong perusahaan memberi fasilitas lebih baik untuk para komuter sepeda, seperti tempat mandi di kantor. (Syarifudin)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak