alexametrics

Akhir Bulan, KTT Trump-Kim Jong-un Jilid II Digelar di Vietnam

loading...
Akhir Bulan, KTT Trump-Kim Jong-un Jilid II Digelar di Vietnam
Presiden AS Donald Trump akan bertemu dengan Pemimpin Korut Kim Jong-un di Vietnam pada 27-28 Februari mendatang. Foto/Ilustrasi/SINDOnews/Ian
A+ A-
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump direncanakan akan bersua dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un di Vietnam pada 27 dan 28 Februari mendatang. Hal itu diungkapkan oleh Trump kepada sekelompok pembaca berita televisi beberapa jam sebelum pidatonya di State of the Union.

Trump diharapkan secara resmi akan mengumumkan rincian pertemuan puncak keduanya dengan Jong-un itu selama pidato dari majelis DPR.

"Sedang terjadi. Dia mengatakan akan mengumumkannya malam ini," ujar seorang sumber yang akrab dengan rencana Trump seperti dikutip dari Politico, Rabu (6/2/2019).



Seorang pejabat senior pemerintahan, yang tidak berwenang untuk membahas rincian KTT mendatang, mengatakan pidato Trump masih bisa berubah dan tidak jelas seberapa spesifik Trump akan masuk lebih dalam mengenai pertemuan tersebut. Seorang juru bicara Gedung Putih menolak berkomentar, mengatakan dia tidak ingin mendahului pidato.

Jika pertemuan itu benar-benar terjadi pada akhir bulan ini, itu akan menjadi KTT kedua Trump dan Jong-un dan pertama kalinya seorang presiden AS dua kali bertemu dengan pemimpin Korut. Keduanya telah bertemu pada Juni lalu di Singapura, di mana mereka menyepakati kerangka kerja untuk negosiasi di masa depan termasuk bahwa Korut akan mulai bekerja untuk denuklirisasi menyeluruh.

Tetapi beberapa laporan dan pejabat intelijen sejak itu menyebut Korut secara diam-diam terus memperkuat persenjataan nuklirnya dalam beberapa bulan sejak Jong-un bertemu dengan Trump. Baru-baru ini, tepatnya pekan lalu, para pemimpin senior intelijen AS mengatakan kepada sebuah panel Senat mereka tidak percaya Korut akan sepenuhnya membongkar program senjatanya, yang menurut rezim Kim Jong-un penting untuk kelangsungan hidup.

Namun Trump membantah klaim pejabat intelijen dalam serangkaian tweet kritis.

"Hubungan Korea Utara adalah yang terbaik yang pernah ada dengan AS," tweetnya.

“Tidak ada pengujian, mendapatkan sisa-sisa jasad tentara, sandera dikembalikan. Peluang yang layak untuk Denuklirisasi," sambung Trump.

Pejabat pemerintah Trump diam-diam merencanakan KTT kedua presiden dengan Kim selama berminggu-minggu. Seorang pejabat senior Gedung Putih mengatakan rencana itu datang bersamaan pada pertengahan Januari ketika Trump menyambut Kim Yong-chol, seorang pejabat terkemuka Korut, di Kantor Oval. Utusan khusus AS untuk Korut Stephen Biegun juga akan melakukan perjalanan ke Korut minggu ini untuk merencanakan pertemuan tingkat tinggi.

Baca juga: Persiapan KTT Trump-Jong-un Jilid II, Utusan AS Melawat ke Korut

Presiden juga mengatakan kepada para anchor bahwa ia berencana untuk bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping selama waktunya di luar negeri akhir bulan ini, meskipun tidak jelas apakah pertemuan bilateral mereka juga akan terjadi di Vietnam.
(ian)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak