alexametrics

Persiapan KTT Trump-Jong-un Jilid II, Utusan AS Melawat ke Korut

loading...
Persiapan KTT Trump-Jong-un Jilid II, Utusan AS Melawat ke Korut
Utusan AS mengunjungi Korut untuk membahas persiapan KTT kedua Presiden Donald Trump dan Kim Jong-un. Foto/Istimewa
A+ A-
WASHINGTON - Perwakilan Khusus Amerika Serikat (AS) untuk Korea Utara (Korut) Stephen Biegun akan melakukan perjalanan ke Pyongyang pada 6 Februari mendatang. Biegun akan melakukan pembicaraan guna mempersiapkan pertemuan puncak kedua antara Presiden Donald Trump dan Pemimpin Korut Kim Jong-un.

"Biegun akan melakukan perjalanan ke Pyongyang pada 6 Februari untuk pertemuan dengan sejawatnya dari DPRK Kim Hyok-chol untuk mempersiapkan KTT kedua Presiden dengan Ketua Kim dan memajukan kemajuan lebih lanjut pada komitmen yang dibuat oleh Presiden dan Ketua Kim di Singapura: denuklirisasi lengkap, mentransformasi AS- Hubungan DPRK, dan membangun perdamaian abadi di Semenanjung Korea," bunyi rilis Departemen Luar Negeri AS menggunakan akronim dari nama resmi Korut Republik Rakyat Demokratik Korea seperti dikutip dari Sputnik, Selasa (5/2/2019).

Sebelumnya, Departemen Luar Negeri AS mengatakan dalam siaran persnya bahwa Biegun dijadwalkan akan bertemu dengan rekan-rekannya dari Korut dan Korea Selatan (Korsel) di Seoul pada 3 Februari.



Ketegangan yang berlangsung lama di Semenanjung Korea mulai mereda setelah Kim Jong-un berkomitmen untuk melakukan denuklirisasi dan mengadakan pertemuan puncak bersejarah dengan Presiden AS Donald Trump dan Presiden Korsel Moon Jae-in.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengatakan, pertemuan antara Presiden AS, Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un akan digelar di Asia. Pompeo menyebut sebuah tim telah dikirimkan ke sebuah negara di Asia untuk mempersiapkan pertemuan tersebut.

Sejumlah negara digadang-gadang akan menjadi tuan rumah pertemua antara Trump dan Kim Jong-un. Thailand, Vietnam dan tuan rumah pertemuan pertama Trump dan Jong-un sebelumnya, yakni Singapura adalah beberapa negara yang disebut akan menjadi lokasi pertemuan.

Negara yang paling kuat diduga akan menjadi lokasi pertemuan adalah Vietnam. Seorang sumber pemerintah Vietnam telah mengatakan bahwa "persiapan logistik" sedang berlangsung untuk menjadi tuan rumah pertemuan itu, kemungkinan besar di ibukota Hanoi atau kota pesisir Danang.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak