Inggris dan Spanyol Akui Guaido sebagai Presiden Interim Venezuela

Senin, 04 Februari 2019 - 19:46 WIB
Inggris dan Spanyol Akui Guaido sebagai Presiden Interim Venezuela
Inggris dan Spanyol Akui Guaido sebagai Presiden Interim Venezuela
A A A
LONDON - Inggris dan Spanyol menyatakan mengakui pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido sebagai presiden sementara negara tersebut. Langkah ini mengikuti langkah yang diambil sebelumnya oleh Parlemen Eropa.

Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt mengatakan, Presiden Venezuela, Nicolas Maduro tidak menggapi seruan pemilu dini oleh Eropa. Oleh karena itu, lanjut Hunt, Inggris dan banyak negara Uni Eropa (UE) memutuskan mengakui Guaido sebagai presiden sementara Venezuela.

"Nicolas Maduro belum menyatakan untuk mengadakan pemilihan presiden dalam batas delapan hari yang telah kami tetapkan," kata Hunt dalam sebuah pernyataan di akun Twitternya.

"Jadi, Inggris bersama sekutu-sekutu Eropa sekarang mengakui Guaido sebagai presiden konstitusional sementara, sampai pemilihan yang kredibel dapat diselenggarakan," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Senin (4/2).

Pernyataan serupa disampaikan oleh Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez. Dalam sebuah pernyataan dia mengatakan, Madrid mengakui Guaido sebagai presiden sementara Venezuela. Dia juga mengatakan bahwa Venezuela membutuhkan pemilihan yang bebas dan adil sesegera mungkin.

"Saya mengakui Presiden Majelis Venezuela, Juan Guaido, sebagai presiden yang bertanggung jawab atas Venezuela," kata Sanchez dalam sebuah pernyataan yang disiarkan televisi setempat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3257 seconds (0.1#10.140)