Pemimpin Oposisi Venezuela Tolak Tawaran Mediasi

Sabtu, 02 Februari 2019 - 01:48 WIB
Pemimpin Oposisi Venezuela Tolak Tawaran Mediasi
Pemimpin Oposisi Venezuela Tolak Tawaran Mediasi
A A A
CARACAS - Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido menolak tawaran dari Presiden Meksiko dan Uruguay untuk bernegosiasi dengan Nicolas Maduro . Pernyataan ini muncul sehari sebelum aksi protes jalanan nasional yang meningkatkan tekanan pada pemimpin sosialis untuk mundur.

Dalam sebuah surat kepada kedua presiden, Guaido mendesak mereka untuk mendukung perjuangan Venezuela. Ia pun mengatakan untuk tetap bersikap netral menyejajarkan mereka dengan Maduro.

"Pada saat bersejarah yang sedang dilalui oleh negara kita, bersikap netral berarti berada di pihak rezim yang telah mengutuk ratusan ribu manusia untuk kesengsaraan, kelaparan dan pengasingan - termasuk kematian," katanya seperti dikutip dari ABC News, Sabtu (2/2/2019).

Guaido menyatakan dirinya sebagai presiden sementara pekan lalu di hadapan puluhan ribu pendukung yang bersorak dan berjanji untuk menggulingkan pemerintahan Maduro, yang ia sebut "kediktatoran." Klaimnya sebagai presiden didukung oleh Amerika Serikat (AS) dan sekitar dua lusin negara lain.

"Prioritas oposisi adalah untuk mengakhiri cengkeraman Maduro pada kekuasaan dan mengantar dalam transisi dengan mengadakan pemilihan demokratis," kata Guaido dalam surat kepada Presiden Uruguay Tabare Vazquez dan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador.

Oposisi Venezuela telah meminta para pendukungnya untuk membanjiri jalan-jalan lagi pada hari Sabtu dalam protes nasional terhadap Maduro. Ini adalah aksi massa kedua dalam minggu ini.

Sebelumnya, Guaido memimpin demonstrasi damai pada hari Rabu dengan penduduk keluar dari rumah dan tempat kerja mereka selama dua jam. Pekan lalu, protes jalanan berubah menjadi aksi kekerasan pada hari-hari kerusuhan yang menewaskan hampir tiga lusin orang dalam bentrokan dengan pasukan keamanan pemerintah.

Pemerintah sosialis Maduro meminta para pendukungnya untuk melakukan demonstrasi mereka sendiri, mendesak mereka untuk menunjukkan dukungan mereka pada hari Sabtu pada peringatan 20 tahun revolusi Bolivarian Venezuela yang diluncurkan oleh mendiang Presiden Hugo Chavez.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4033 seconds (0.1#10.140)