Tim Penyidik PBB Akan Dengarkan Rekaman Pembunuhan Khashoggi

Jum'at, 01 Februari 2019 - 22:41 WIB
Tim Penyidik PBB Akan Dengarkan Rekaman Pembunuhan Khashoggi
Tim Penyidik PBB Akan Dengarkan Rekaman Pembunuhan Khashoggi
A A A
ISTANBUL - Ahli hak asasi manusia PBB akan mendengarkan rekaman audio pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi sebagai bagian dari penyelidikan. Hal itu diungkapkan oleh penasihat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Pelapor Khusus Agnes Callamard dan tim pakar pada Selasa lalu bertemu dengan penasihat Yasin Aktay, seorang teman Khashoggi. Dia mengatakan kepada wartawan bahwa tim akan memiliki akses untuk mendengarkan audio pembunuhan Khashoggi, menurut media Turki seperti dikutip dari AP, Jumat (1/2/2019).

Tim pembunuhan ekstrayudisial, sumir atau sewenang-wenang PBB akan meninggalkan Turki pada 3 Februari. Tim itu telah bertemu dengan Menteri Luar Negeri dan Menteri Kehakiman Turki serta Jaksa Penuntut yang memimpin kasus ini.

Jamal Khashoggi, kolumnis Washington Post yang menulis secara kritis tentang Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman, tewas di dalam Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lampau. Hingga saat ini jenazahnya belum ditemukan.

Juru bicara penuntut umum Arab Saudi tahun lalu mengatakan bahwa 21 orang Saudi ditahan sehubungan dengan kasus ini, 11 di antaranya telah didakwa dan dirujuk ke pengadilan. Awal bulan ini jaksa mengatakan sedang berusaha menjatuhkan hukuman mati untuk lima dari 11 tersangka yang ditahan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5509 seconds (0.1#10.140)