2.275 Migran Tewas di Mediterania Selama Tahun 2018

Kamis, 31 Januari 2019 - 04:27 WIB
2.275 Migran Tewas di Mediterania Selama Tahun 2018
2.275 Migran Tewas di Mediterania Selama Tahun 2018
A A A
JENEWA - Diperkirakan 2.275 orang, atau enam orang dalam sehari, meninggal atau hilang saat melintasi Laut Tengah pada tahun 2018. Ini menjadikan Laut Mediterania sebagai laut paling mematikan di dunia, meski ada penurunan kedatangan migran yang cukup signifikan di pantai-pantai Eropa.

"Pengungsi dan migran yang berusaha mencapai Eropa melalui Laut Mediterania kehilangan nyawa pada tingkat yang mengkhawatirkan pada tahun 2018, karena pemotongan dalam operasi pencarian dan penyelamatan memperkuat posisinya sebagai penyeberangan laut paling mematikan di dunia," kata UNHCR dalam "Desperate Journeys" terbarunya yang dirilis Rabu seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (31/1/2019).

Secara total, 139.300 pengungsi dan migran tiba di Eropa pada 2018. Ini adalah jumlah terendah dalam lima tahun terakhir.

"Menyelamatkan nyawa di laut bukanlah pilihan, bukan masalah politik, tetapi kewajiban lama," kata Filippo Grandi, Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNCHR).

Laporan tersebut menggambarkan bagaimana pergeseran kebijakan beberapa negara Eropa berdampak pada banyaknya insiden yang menyebabkan sejumlah besar orang terdampar di laut selama berhari-hari, menunggu izin untuk berlabuh.

Perahu LSM dan kru mereka menghadapi pembatasan yang terus meningkat dalam operasi pencarian dan penyelamatan mereka.

Pada rute dari Libya ke Eropa, satu orang tewas di laut untuk setiap 14 orang yang tiba di Eropa. Sebuah kenaikan yang tajam dibanding 2017.

Ribuan lainnya kembali ke Libya di mana mereka menghadapi kondisi yang mengerikan di dalam pusat-pusat penahanan.

"Bagi banyak orang, menjejakkan kaki di Eropa adalah perhentian terakhir dari sebuah perjalanan mengerikan di mana mereka menghadapi penyiksaan, pemerkosaan, dan kekerasan seksual, dan ancaman diculik dan ditahan untuk tebusan," kata UNHCR.

Dikatakan bahwa negara-negara terkait harus mengambil tindakan segera untuk membongkar jaringan penyelundupan dan membawa pelaku kejahatan ini ke pengadilan.

Badan PBB mencatat secercah harapan di beberapa tempat.

Meskipun kebuntuan politik pada pendekatan regional untuk penyelamatan dan pendaratan laut, seperti yang diminta oleh UNHCR dan IOM pada bulan Juni, beberapa negara berkomitmen untuk memindahkan orang yang diselamatkan di Mediterania tengah.

Beberapa negara juga menjanjikan ribuan tempat pemukiman kembali bagi mereka yang mengungsi dari Libya.

Untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir, Spanyol adalah titik masuk utama Eropa karena sekitar 8.000 migran tiba melalui darat (melalui kantong Ceuta dan Melilla) dan 54.800 orang lagi berhasil melintasi Mediterania Barat yang berbahaya.

Akibatnya, kematian Mediterania barat hampir empat kali lipat dari 202 pada 2017 menjadi 777 pada 2018.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4224 seconds (0.1#10.140)