Mulai Tugas sebagai Presiden G-77, PBB: Selamat Bertugas Palestina

Selasa, 15 Januari 2019 - 19:50 WIB
Mulai Tugas sebagai Presiden G-77, PBB: Selamat Bertugas Palestina
Mulai Tugas sebagai Presiden G-77, PBB: Selamat Bertugas Palestina
A A A
NEW YORK - Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres mengucapkan selamat kepada Palestina atas dimulainya kepemimpinan mereka dalam G-77 PBB. Ucapan itu disampaikan Guterres saat bertemu Presiden Palestina, Mahmoud Abbas di New York.

Guterres bertemu dengan Abbas kemarin di Markas Besar PBB di New York, ketika Palestina mengambil peran utama dalam organisasi antar pemerintah terbesar di negara-negara berkembang dan China itu.

"Selain pertemuan tertutup itu, Guterres menyatakan harapannya untuk tahun yang sukses bagi grup itu," kata PBB dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadolu Agency pada Selasa (15/1).

Pada Oktober lalu, Majelis Umum PBB mendukung kepresidenan G-77 Palestina dengan 146 anggota memberikan suara mendukung.Amerika Serikat (AS), Israel dan Australia menentang kepresidenan Palestina.

Sebagai ketua kelompok, Palestina, yang merupakan negara pengamat non-anggota, akan dapat bertindak sebagai negara anggota dan menggunakan haknya untuk menjawab sebagai anggota blok.

Sebagai negara pengamat non-anggota, Palestina memiliki hak untuk memilih beberapa resolusi Majelis Umum dan berpartisipasi dalam organisasi di tubuh PBB.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4926 seconds (0.1#10.140)