alexametrics

Turki pada Trump: Kesalahan Menyamakan Warga dengan Milisi Kurdi

loading...
Turki pada Trump: Kesalahan Menyamakan Warga dengan Milisi Kurdi
Turki menyebut Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump telah membuat kesalahan dengan menyamakan warga Kurdi denga milisi Kurdi. Foto/Istimewa
A+ A-
ANKARA - Turki menyebut Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump telah membuat kesalahan dengan menyamakan warga Kurdi denga milisi Kurdi, baik itu YPG atau PYD, yang di mata Ankara adalah kepanjangan dari PKK, kelompok yang masuk dalam daftar hitam teroris di Turki.

"Adalah kesalahan fatal untuk menyamakan Kurdi Suriah dengan PKK, yang ada di daftar teroris AS, dan cabang mereka di Suriah yakni PYD/YPG," kata juru bicara Kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin.

"Presiden Donald Trump, teroris tidak bisa menjadi mitra dan sekutu Anda. Turki mengharapkan AS menghormati kemitraan strategis dan tidak ingin negara itu dibayangi propaganda teroris," sambungnya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Senin (14/1).



Dia menegaskan bahwa tidak ada perbedaan antara ISIS, PKK, atau PYD/YPG dan bersumpah bahwa Turki akan melanjutkan perjuangannya melawan kelompok-kelompok teror ini.

Pernyataan ini muncul sebagai tanggapan terhadap ancaman Trump untuk menargetkan ekonomi Turki, jika Ankara menyerang pasukan Kurdi Suriah, ditengah penarikan pasukan Washington dari Suriah.

Melalui akun Twitternya, Trump memperingatkan Ankara tidak melihat penarikan pasukan AS dari Suriah sebagai kesempatan untuk melakukan kampanye militer apa pun terhadap pasukan Kurdi Suriah.

"Akan menghancurkan Turki secara ekonomi jika mereka menghantam bangsa Kurdi," ancam Trump dan mendesak Ankara untuk menciptakan zona aman 20 mil.

(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak