alexametrics

Trump Tawarkan Jong-un Bertemu di Vietnam pada Pertengahan Februari

loading...
Trump Tawarkan Jong-un Bertemu di Vietnam pada Pertengahan Februari
Presiden AS Donald Trump tawarkan Pemimpin Korut Kim Jong-un bertemu di Vietnam pada pertengahan Februari mendatang. Foto/Istimewa
A+ A-
SEOUL - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dilaporkan telah mengusulkan pertemuan kedua dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dilakukan pada pertengahan Februari mendatang. Trump juga mengajukan Vietnam sebagai lokasi pertemuan tersebut.

Laporan itu muncul di tengah meningkatnya harapan bahwa kedua pemimpin akan segera mengadapat pertemuan puncak berikutnya guna melanjutkan perundingan denuklirisasi yang macet. Mereka pertama kali bertemu di Singapura pada Juni tahun lalu.

Korut dikatakan sedang meninjau proposal AS dan belum memberikan tanggapan resmi, bunyi laporan kantor berita Jepang Yomiuri Shimbun mengutip para pejabat yang mengetahui masalah tersebut seperti dilansir Yonhap, Minggu (13/1/2019).



Pyongyang dan Washington telah terjebak dalam kebuntuan tentang bagaimana melaksanakan perjanjian yang mereka capai dalam KTT pertama mereka, di mana Jong-un berjanji untuk bekerja menuju denuklirisasi lengkap dengan jaminan keamanan dari AS sebagai balasannya.

Kemajuan telah lambat sejak Korut menginginkan bantuan sanksi, sementara AS tetap tegas bahwa sanksi akan tetap berlaku sampai Pyongyang sepenuhnya menghentikan program senjata nuklirnya.

Spekulasi telah meningkat di mana Trump dan Jong-un akan memutuskan untuk bertemu. Singapura menjadi sorotan internasional ketika KTT pertama terjadi pada Juni lalu.

Negara-negara Asia Tenggara disebut-sebut sebagai kandidat kuat, termasuk Vietnam, Indonesia, dan Mongolia.

Dalam pidatonya di Hari Tahun Baru, Jong-un memperingatkan bahwa ia dapat menempuh cara baru jika Amerika Serikat berpegang teguh pada tekanan dan sanksi terhadap rezim Korut. Tapi dia tetap membuka pintu untuk pembicaraan dengan AS, dengan mengatakan bersedia bertemu Trump kapan saja.

Trump sebelumnya mengatakan bahwa AS dan Korut sedang dalam pembicaraan mengenai di mana akan diadakannya KTT kedua mereka dan keputusan tentang lokasi akan diumumkan dalam waktu dekat.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak