alexametrics

Pembantaian di Sekolah, Gubernur Florida Skors Sheriff Bowrad County

loading...
Pembantaian di Sekolah, Gubernur Florida Skors Sheriff Bowrad County
Gubernur Florida Ron DeSantis menskors Sherrif Broward County Scott Israel. Foto/Ilustrasi/SINDONews/Ian
A+ A-
TAMPA - Gubernur Florida Ron DeSantis menskors sherrif setempat yang dikritik atas reaksi polisi terhadap penembakan massal tahun lalu yang menewaskan 17 orang di Sekolah Menengah Marjory Stoneman Douglas di Parkland.

DeSantis mengatakan Broward County Sheriff Scott Israel menunjukkan kegagalan kepemimpinan dalam penembakan yang menewaskan 14 siswa dan tiga orang dewasa di tangan seorang pria bersenjata pada 14 Februari 2018.

"Pembantaian itu mungkin tidak akan pernah terjadi seandainya Broward memiliki kepemimpinan yang lebih baik di departemen sheriff," kata DeSantis selama konferensi pers di luar kantor pusat Broward Sheriff di Fort Lauderdale seperti dikutip dari Reuters, Minggu (13/1/2019).



Tidak terima, Israel pun menuding DeSantis punya motif politis menjatuhkan hukuman tersebut. Menurutnya, hukuman itu dijatuhkan karena sikap vokalnya terhadap kontrol senjata membuat marah Asosiasi Senjata Api Nasional (NRA).

Dia bersumpah untuk mempertahankan pernyataannya di pengadilan dan di hadapan Senat negara bagian, yang mungkin mendengarkan kasusnya.

"Tidak ada kesalahan di pihak saya," kata Israel kepada wartawan setelah ia dipindahkan dari kantor.

"Ini tentang politik, bukan tentang Parkland," tegasnya.

DeSantis, yang dilantik pada awal pekan ini, mengkritik sheriff selama kampanyenya dan mengisyaratkan bahwa ia kemungkinan akan mencopot Israel dari jabatannya.

Pada hari Jumat, ia berkumpul dengan beberapa orang tua siswa yang terbunuh di sekolah menengah yang mendukung pencopotan itu.

“Putriku akan hidup jika seseorang bisa memberinya satu detik lagi,” kata Fred Guttenberg, yang putrinya yang berusia 14 tahun, Jaime, termasuk di antara korban penembakan massal.

Sebuah komisi yang ditunjuk negara telah mengidentifikasi beberapa kegagalan dalam respons badan yang dipimpin Israel terhadap penembakan itu.

Beberapa deputi sheriff dari Broward County menahan diri terlalu lama saat tembakan dilepaskan pada saat pembantaian itu terjadi, alih-alih bergegas ke arah tembakan, menurut laporan setebal 439 halaman yang dirilis minggu lalu oleh komisi.

"Pelatihan Kantor Sheriff Broward County tentang penembakan aktif tidak memadai," menurut laporan itu, yang merekomendasikan mempersenjatai guru dan membelanjakan lebih banyak uang untuk keamanan sekolah dan kesehatan mental guna mencegah penembakan massal serupa.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak