Demokrat Tinjau Penyelidikan FBI Atas Trump

Minggu, 13 Januari 2019 - 07:41 WIB
Demokrat Tinjau Penyelidikan FBI Atas Trump
Demokrat Tinjau Penyelidikan FBI Atas Trump
A A A
WASHINGTON - Komite Dewan Perwakilan Amerika Serikat (AS) akan memeriksa laporan media berita bahwa FBI menyelidiki apakah Presiden Donald Trump bekerja untuk Rusia, terhadap kepentingan AS. Hal itu diungkapkan ketua panel Partai Demokrat.

The New York Times melaporkan bahwa penyelidikan dimulai pada hari-hari setelah Trump memecat James Comey sebagai direktur FBI pada Mei 2017 dan mengatakan para penyelidik kontra intelijen badan tersebut harus mempertimbangkan apakah tindakan Trump merupakan kemungkinan ancaman terhadap keamanan nasional.

Gedung Putih membantah artikel Times, menyatakannya sebagai sesuatu yang tidak masuk akal pada Jumat malam, sementara Trump sendiri mengecam Comey dan FBI dalam setengah lusin tweet pada hari Sabtu.

Ketua Komite Kehakiman DPR Jerrold Nadler mengatakan panelnya akan mengambil langkah-langkah untuk lebih memahami tindakan presiden dan respons FBI terhadap perilaku itu dalam beberapa minggu mendatang. Dia juga mengatakan anggota parlemen akan berusaha untuk melindungi simpatisan dari serangan yang semakin tidak waras dari presiden.

"Tidak ada alasan untuk meragukan keseriusan atau profesionalisme FBI, seperti yang dilakukan presiden sebagai reaksi terhadap cerita ini," kata Nadler dalam sebuah pernyataan.

"Kami telah belajar dari pelaporan ini bahwa, bahkan pada hari-hari awal pemerintahan Trump, perilaku presiden sangat tidak menentu dan sangat mengkhawatirkan sehingga FBI merasa terdorong untuk melakukan hal yang belum pernah terjadi sebelumnya - membuka penyelidikan kontra intelijen menjadi presiden," lanjut Nadler seperti dikutip dari Reuters, Minggu (13/1/2019).

Ketua Komite Intelijen DPR Adam Schiff mengatakan dia tidak bisa mengomentari spesifik dari laporan, tetapi mengatakan komite akan terus bergerak dengan penyelidikan kontak Trump dengan Rusia.

"Kekhawatiran kontra intelijen tentang mereka yang terkait dengan kampanye Trump, termasuk presiden sendiri, telah menjadi jantung penyelidikan kami sejak awal," kata Schiff.

Schiff mengatakan pertemuan, kontak, dan komunikasi antara rekanan Trump dan Rusia, serta jaringan kebohongan tentang interaksi itu, dan pernyataan serta tindakan presiden sendiri, telah meningkatkan kebutuhan untuk mengikuti bukti di mana ia mengarah.

The New York Times mengatakan para pejabat FBI menaruh kecurigaan terhadap hubungan Trump dengan Rusia selama kampanye presiden 2016 tetapi menunda membuka penyelidikan sampai Trump memecat Comey atas sebuah penyelidikan campur tangan Rusia dalam pemilu. FBI juga mempertimbangkan apakah pemecatan presiden atas Comey sama dengan penghalang keadilan.

Penasihat Khusus AS Robert Mueller mengambil alih penyelidikan terhadap Trump beberapa hari setelah FBI membukanya, saat ia memeriksa tuduhan campur tangan pemilu Rusia, New York Times melaporkan. Rusia sendiri membantah pihaknya berupaya mempengaruhi pemilu AS.

Trump merespons pada hari Sabtu dengan mengecam New York Times dan mantan pemimpin FBI, serta mengkritik penyelidikan sebelumnya atas kandidat Partai Demokrat Hillary Clinton, saingannya dalam pemilu 2016.

"Wow, baru tahu di Failing New York Times bahwa mantan pemimpin FBI yang korup, hampir semuanya memecat atau dipaksa meninggalkan agensi karena beberapa alasan yang sangat buruk, membuka penyelidikan pada saya, tanpa alasan & tanpa bukti, setelah saya memecat Lyin 'James Comey, kebatilan total!,” tweeted Trump.

Comey kemudian turut berkomentar di Twitter, menyodorkan kutipan yang ia kaitkan dengan mantan Presiden Franklin Delano Roosevelt: "Saya meminta Anda untuk menilai saya dari musuh yang telah saya buat."
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3654 seconds (0.1#10.140)