alexametrics

Komandan ISIS Afghanistan Terbunuh oleh Serangan AS

loading...
Komandan ISIS Afghanistan Terbunuh oleh Serangan AS
Para tentara Amerika Serikat yang bertugas di Afghanistan. Foto/REUTERS
A+ A-
KABUL - Seorang komandan senior kelompok militan Islamic State atau ISIS tewas di Afghanistan dalam serangan pasukan Amerika Serikat (AS). Pentolan kelompok radikal yang tewas itu adalah Emir Khetab.

Juru bicara pasukan AS yang berbasis di Afghanistan, Letnan Ubon Mendie, pada hari Sabtu mengonfirmasi bahwa Emir Khetab terbunuh dalam serangan pada 10 Januari di wilayah timur provinsi Nangarhar.

Menurut Mendie, Emir yang dikenal dengan berbagai nama, memfasilitasi serangan profil tinggi dan memasok senjata dan bahan bahan peledak bagi petempur ISIS.



"Penumpasannya membantu melindungi warga Afghanistan yang tidak bersalah dari kekerasan ISIS di masa depan dan melemahkan kehadiran mereka di Nangarhar," kata Mendie, yang dilansir Reuters, Minggu (13/1/2019).

ISIS Afghanistan dikenal dengan nama Islamic State Khorasan Province (ISKP). Kelompok ini telah aktif sejak 2015 dengan memerangi Taliban, pasukan Afghanistan dan pasukan asing.

Pertempuran melawan ISIS dan kelompok-kelompok militan lainnya termasuk al-Qaeda dan Taliban berada di jantung misi kontraterorisme yang dipimpin AS dilakukan di samping operasi "Resolute Support" yang dipimpin NATO. Kehadiran pasukan NATO sendiri sejatinya melatih dan memberi nasihat kepada pasukan keamanan Afghanistan.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak