alexametrics

Brasil Akui Pemimpin Oposisi Venezuela sebagai Presiden, Bukan Maduro

loading...
Brasil Akui Pemimpin Oposisi Venezuela sebagai Presiden, Bukan Maduro
Presiden Venezuela Nicolas Maduro. Dia tidak diakui sebagai presiden oleh Brasil. Foto/REUTERS
A+ A-
SAO PAULO - Pemerintah Brasil menyatakan bahwa mereka mengakui pemimpin Kongres Venezuela yang juga pemimpin oposisi sebagai presiden yang sah. Sedangkan Nicolas Maduro tidak diakui sebagai presiden.

Sikap resmi Brasil ini muncul hari Sabtu setelah Maduro dilantik sebagai presiden untuk periode kedua di bawah konstitusi yang baru.

Pemimpin Kongres Venezula Juan Guaido, seperti dikutip Reuters, Minggu (13/1/2019), mengaku siap untuk mengambil alih kepresidenan negara itu secara sementara dan mengadakan pemilu.



Sebelumnya, pemerintah Amerika Serikat (AS) juga tidak mengakui Maduro sebagai presiden Venezuela. "Amerika Serikat tidak mengakui klaim tidak sah diktator Venezuela Nicolas Maduro atas kekuasaan. 'Kemenangannya' pada Mei 2018 dipandang secara internasional sebagai pemilu yang tidak bebas, adil atau kredibel," kata Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton.

"Kami menganggap rezim Maduro yang tidak sah secara langsung bertanggung jawab atas keselamatan semua rakyat Venezuela yang berteriak menuntut untuk secara bebas memilih para pemimpin mereka," ujarnya.

"Kami akan terus menggunakan kekuatan penuh ekonomi dan diplomatik AS untuk mendesak pemulihan demokrasi Venezuela yang membalikkan krisis konstitusi saat ini," imbuh Bolton.

Menteri Luar Negeri AS Michael Pompeo juga menyatakan dukungannya kepada Guaido. Menurutnya, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk pembentukan pemerintah baru Venezuela.

"Rezim Maduro tidak sah dan Amerika Serikat akan terus bekerja dengan rajin untuk memulihkan demokrasi yang sesungguhnya kepada Venezuela," katanya kepada wartawan saat dalam perjalanannya ke Timur Tengah pada hari Sabtu.

"Washington akan berusaha untuk membuat negara-negara Amerika Latin bersatu untuk mewujudkan hal itu," imbuh Pompeo.
(mas)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak