Rekor, Pemerintah AS Tutup 22 Hari Berturut-turut

Sabtu, 12 Januari 2019 - 12:05 WIB
Rekor, Pemerintah AS Tutup 22 Hari Berturut-turut
Rekor, Pemerintah AS Tutup 22 Hari Berturut-turut
A A A
WASHINGTON - Penutupan pemerintah Amerika Serikat (AS) yang telah menyebabkan 800 ribu pegawai federal tidak menerima gaji memasuki rekor 22 hari pada Sabtu (12/1/2019). Penutupan pemerintah ini buntut dari perselisihan antara Presiden Donald Trump dengan Partai Demokrat yang menguasai DPR terkait dengan pembangunan tembok di perbatasan Meksiko.

Penolakan Partai Demokrat untuk menyetujui USD5,7 miliar yang diminta oleh Trump untuk proyek tembok itu telah melumpuhkan Washington. Trump pun membalas dengan menolak menandatangani anggaran untuk petak-petak departemen pemerintah yang tidak terkait dengan perselisihan.

Akibatnya, pekerja yang beragam seperti agen FBI, pengontrol lalu lintas udara, dan staf museum, tidak menerima gaji pada hari Jumat kemarin.

Penutupan parsial pemerintah akan menjadi rekor terpanjang pada Jumat tengah malam waktu setempat atau Sabtu ketika menyalip penutupan pemerintah selama 21 hari pada 1995-1996, di bawah presiden Bill Clinton seperti dikutip dari AFP.

Sebelumnya, Trump membatalkan ancamannya untuk mengakhiri kebuntuan dengan menyatakan darurat nasional dan berusaha untuk mengamankan dana tanpa persetujuan kongres.

"Aku tidak akan melakukannya secepat ini," katanya pada pertemuan Gedung Putih.

Trump menggambarkan deklarasi darurat sebagai jalan keluar yang mudah dan mengatakan Kongres harus meningkatkan tanggung jawab menyetujui dana USD5,7 miliar yang diinginkannya.

"Jika mereka tidak bisa melakukannya, saya akan mendeklarasikan keadaan darurat nasional. Saya memiliki hak mutlak," ujarnya bersikeras.

Sampai sekarang, Trump telah menyatakan beberapa kali bahwa ia semakin dekat untuk mengambil keputusan kontroversial tersebut.

Hanya beberapa menit sebelumnya, sekutu kuat Senator Republik Lindsey Graham mentweet setelah pembicaraan dengan Trump: "Tuan Presiden, Nyatakan darurat nasional SEKARANG."

Tidak jelas apa yang membuat Trump berubah arah.

Tetapi Trump sendiri mengakui dalam pertemuan di Gedung Putih bahwa upaya untuk mengklaim kekuatan darurat kemungkinan akan berakhir dalam perselisihan hukum sampai ke Mahkamah Agung.

Para penentang mengatakan bahwa langkah unilateral oleh presiden atas masalah perbatasan yang sensitif akan menjadi penjangkauan konstitusional dan menetapkan preseden berbahaya dalam kontroversi serupa.

Baik Demokrat dan Republik sepakat bahwa perbatasan AS-Meksiko menghadirkan tantangan besar, mulai dari perdagangan obat bius Meksiko yang sangat keras hingga penderitaan para pencari suaka dan migran miskin yang mencari kehidupan baru di negara terkaya di dunia.

Ada juga sedikit perdebatan bahwa tembok perbatasan dibutuhkan: sekitar sepertiga dari perbatasan sudah dipagari.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa imigran ilegal umumnya melakukan lebih sedikit kejahatan daripada orang yang lahir di Amerika Serikat, meskipun tidak semua orang setuju akan hal ini.

Yang lebih pasti adalah bahwa sementara narkotika memasuki negara itu melintasi bagian-bagian perbatasan yang terpencil, kebanyakan dari mereka menyelinap melalui pos pemeriksaan yang dijaga ketat di dalam kendaraan, kata Badan Anti Narkoba AS dalam laporan 2017.

Dikatakan bahwa sebagian besar penyelundupan dilakukan melalui pintu masuk AS (POE) dalam kendaraan penumpang dengan kompartemen tersembunyi atau dicampur dengan barang yang sah di trailer traktor.

Nancy Pelosi, pemimpin Demokrat di Dewan Perwakilan Rakyat dan tokoh penting dalam menentang agenda Trump, mengatakan pendanaan harus dibelanjakan di banyak bidang keamanan perbatasan, bukan untuk tembok perbatasan.

"Kita perlu melihat faktanya," tegasnya.

Tetapi Trump menuduh Demokrat hanya ingin mencetak penilaian terhadap dirinya dengan pandangan untuk pemilihan presiden 2020.

"Mereka berpikir, 'Wah, kita bisa melukai Trump,'" katanya. "Demokrat hanya mengikuti politik," cetusnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4976 seconds (0.1#10.140)