alexametrics

Rezim Damaskus Pede Kuasai Semua Wilayah Suriah

loading...
Rezim Damaskus Pede Kuasai Semua Wilayah Suriah
Tentara pemerintah Suriah berada di atas sebuah kendaraan tempur BMD-1. Foto/Istimewa
A+ A-
DAMASKUS - Pasukan pemerintah akan membebaskan seluruh wilayah Suriah meskipun Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengingkari penarikan pasukan yang telah diumumkannya. Hal itu diungkapkan sebuah sumber di Kementerian Luar Negeri Suriah.

Berbicara dengan syarat anonim, sumber itu bersikeras bahwa Presiden Bashar al-Assad tidak berniat membiarkan wilayah Suriah tetap berada di luar tangan pemerintah dalam jangka panjang. Ia menambahkan bahwa Angkatan Darat Suriah dan sekutunya siap untuk memulihkan dengan paksa setiap inci dari negara yang dilanda perang saudara itu.

"Pasukan Amerika tidak diterima di sini, dan meskipun kehadiran mereka dapat mempersulit masalah bagi kami, kami siap untuk secara paksa memulihkan setiap jengkal Suriah, bahkan jika Trump menjaga tentara AS di tanah kami. Tidak ada pilihan lain dari sudut pandang kami,” sumber itu menegaskan seperti dikutip dari Sputnik, Sabtu (12/1/2019).



Delegasi pemerintah Suriah telah terlibat dalam pembicaraan dengan para pemimpin Kurdi selama perang saudara tahunana itu, dan penarikan Washington dapat mendorong Kurdi untuk akhirnya menyetujui kompromi dengan Damaskus. Pasalnya, Pasukan Demokratik Suriah (SDF) akan rentan terhadap serangan Turki di Suriah utara setelah penarikan AS.

Namun, dengan banyak penasihat keamanan dan pertahanan Trump menentang langkah tersebut, presiden AS dapat mengingkari janjinya untuk mengakhiri kehadiran militer Amerika di Suriah, seperti yang dia lakukan dengan tiba-tiba tahun lalu.

Terlepas dari itu, Damaskus dan Kurdi tampaknya semakin mendekati kesepakatan, dengan pasukan Tentara Suriah tiba di Manbij. Manbij adalah sebuah kota yang secara terbuka menjadi ancaman serangan dari Ankara kecuali pasukan Kurdi menarik diri.

Pasukan Suriah tiba hanya beberapa hari setelah Trump berjanji untuk menarik kontingen militer berkekuatan 2.000 tentara AS keluar dari Suriah.
(ian)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak