Diterjang Badai Salju, Jerman dan Swedia Lumpuh

Sabtu, 12 Januari 2019 - 10:08 WIB
Diterjang Badai Salju, Jerman dan Swedia Lumpuh
Diterjang Badai Salju, Jerman dan Swedia Lumpuh
A A A
BERLIN - Hujan salju yang turun begitu lebat di sebagian wilayah Jerman dan Swedia menimbulkan kekacauan, kemarin. Sejumlah jalan raya tidak dapat diakses, kereta api tidak dapat beroperasi, dan sekolah diliburkan untuk sementara waktu akibat tumpukan salju setinggi 100 meter lebih.

Palang Merah Jerman memberikan bantuan makanan dan kebutuhan lainnya kepada pengendara yang terjebak di tengah tumpukan salju di Bavaria. Sehari sebelumnya, seorang anak berusia sembilan tahun tewas tertimpa pohon tumbang. Petugas tanggap gawat darurat menemukan jasadnya 40 menit kemudian.

Kondisi ekstrem serupa juga terjadi di Swedia Utara hingga menyebabkan arus lalu lintas lumpuh total. Seorang petugas SAR dari Austria harus berjuang melewati tumpukan salju setinggi dada orang dewasa untuk mencapai lokasi snowboarder.

Seorang lelaki berusia 41 tahun asal Polandia juga dilaporkan tersesat setelah pergi menuju piste di sebuah resort di Schlossalmbahn. Di Austria, hujan salju sempat mereda setelah mengguyur selama beberap hari hingga memiliki ketebalan tiga meter.

Sebanyak tujuh orang telah meninggal dunia dan dua pendaki hilang sejak akhir pekan lalu. “Kuantitas salju sebanyak ini di atas ketinggian 800 meter hanya terjadi sekali dalam 30-100 tahun,” kata Alexander Radlherr dari Institusi Pusat Austria untuk Meteorologi dan Geodinamika.

Di Swedia, hujan salju juga dibarengi dengan angin kencang di sejumlah wilayah. Di satu area kecepatan angin bahkan dilaporkan mencapai 49,7 meter per detik saat Badai Jan menerjang Stekenjokk.

Kondisi di Jerman mencapai titik berbahaya dan disebut telah melumpuhkan aktivitas publik. Layanan kereta api dihentikan beroperasi dengan wilayah selatan dan timur sebagai wilayah yang terdampak paling buruk. Jalan raya juga terputus oleh tumpukan salju dan pohon yang tumbang.

Dua persimpangan jalan raya A8 ditutup dari selatan hingga timur. Para pengendara yang terjebak di jalan raya bermalam di dalam mobil di dekat Rosenheim. Palang Merah Bavaria dan lembaga pemerintah turun ke jalan untuk membantu mereka.

Jalan di area Berchtesgaden yang berbatasan dengan Austria ditutup karena terblokade. Pemerintah Jerman sedikitnya menerjunkan 200 tentara untuk membantu ratusan orang yang terjebak salju. (Muh Shamil)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3332 seconds (0.1#10.140)