alexametrics

Korsel Desak Korut Ambil Langkah Nyata Percepat Denuklirisasi

loading...
Korsel Desak Korut Ambil Langkah Nyata Percepat Denuklirisasi
Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in mengatakan, Korea Utara harus mengambil tindakan nyata untuk mempercepat proses denuklirisasi di Semenanjung Korea. Foto/Reuters
A+ A-
SEOUL - Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in mengatakan, Korea Utara (Korut) harus mengambil tindakan nyata untuk mempercepat proses denuklirisasi di Semenanjung Korea.

"Saya percaya Korut perlu mengambil langkah-langkah denuklirisasi praktis lebih berani jika ingin menyelesaikan masalah sanksi internasional karena masalah sanksi internasional tergantung pada kecepatan proses denuklirisasi Korea Utara," kata Jae-in.

Pemimpin Korsel, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (10/1), juga mencatat bahwa komunitas internasional juga harus mengambil langkah-langkah yang sesuai dengan tujuan untuk mempercepat proses denuklirisasi.



Pernyataan Moon Jae-in datang ketika situasi di semenanjung Korea telah membaik sejak awal 2018 ketika pemimpin Korut Kim Jong-un terlibat dalam dialog aktif dengan Jae-in dan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump.

Sementara itu, sebelumnya Jae-in dalam konferensi pers di Seoul mengatakan pertemuan Kim Jong-un dengan Donald Trump akan segera terjadi. Konferensi itu digelar hanya beberapa jam setelah Jong-un mengakhiri perjalanan ke China untuk bertemu dengan Xi Jinping.

"Saya pikir kedua belah pihak tahu apa yang diinginkan pihak lain. Tapi mereka tidak saling percaya karena ketidakpercayaan yang telah menumpuk di antara mereka untuk waktu yang lama, dan mereka bersikeras di sisi lain untuk bergerak terlebih dahulu," ucap Jae-in.

Dia lalu mengatakan perjalanan Kim Jong-un ke Beijing menunjukkan bahwa pertemuan Korut-AS kedua mendekati kenyataan. Ia berharap Korut dan AS segera memulai perundingan tingkat tinggi antar pemerintah yang macet guna menyelesaikan persiapan pertemuan puncak kedua.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak