Iran Akui Telah Menangkap Veteran Militer AS

Kamis, 10 Januari 2019 - 06:15 WIB
Iran Akui Telah Menangkap Veteran Militer AS
Iran Akui Telah Menangkap Veteran Militer AS
A A A
TEHERAN - Kementerian Luar Negeri Iran mengakui bahwa seorang warga negara Amerika Serikat (AS), Michael R. White, telah ditangkap di kota Mashhad. White merupakan veteran militer Angkatan Laut Amerika.

Konfirmasi penangkapan White itu disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri Bahram Qassemi, yang dilansir kantor berita IRNA, semalam (9/1/2019). Qassemi tidak menyebutkan kapan penangkapan itu terjadi.

Sebelumnya, pihak keluarga menuduh Iran telah menahan White sejak akhir Juli 2018. Michael R. White, 46, asal Imperial Beach, California, itu ditangkap aparat rezim Teheran saat mengujungi kekasihnya yang merupakan warga Iran.

Penahanan White bisa semakin memperkeruh ketegangan kedua negara yang saat ini sedang memanas. Ketegangan antara kedua negara memburuk secara substansial setelah Presiden Donald Trump menarik AS keluar dari perjanjian nuklir dengan Iran pada Mei lalu dan menerapkan kembali sanksi beratnya terhadap rezim Teheran.

Mengutip New York Times, setidaknya tiga warga negara Amerika lainnya, dua dari mereka keturunan Iran, juga telah dipenjara di Iran selama bertahun-tahun. Sedangkan seorang warga Amerika yang lain dinyatakan hilang di Iran selama lebih dari satu dekade.

Ibu veteran tersebut, Joanne White, mengatakan bahwa putranya melalui telepon mengatakan akan pulang dari Iran melalui Dubai, di Uni Emirat Arab, pada 27 Juli. Namun, sejak itu White tidak pernah naik pesawat ke AS.

Joanne mengatakan bahwa dia telah mengajukan laporan orang hilang setelah putranya tak pulang. Departemen Luar Negeri dan Departemen Keamanan Dalam Negeri telah menghubunginya terkait upaya untuk menemukan veteran tersebut.

Menurut Joanne, dia menerima informasi tiga minggu lalu dari pejabat Departemen Luar Negeri bahwa putranya berada di penjara Iran.

"Yang saya tahu adalah dia masih hidup dan mereka mengajukan permintaan untuk kunjungan konsuler oleh Swiss," katanya. AS yang tidak memiliki hubungan diplomatik sejak Revolusi Islam 1979 hanya bisa mengandalkan misi diplomatik Eropa jika ada masalah dengan warganya di negara para Mullah tersebut.

Penahanan White juga dilaporkan hari Senin oleh Iranwire, sebuah layanan berita online yang dijalankan oleh ekspatriat Iran, dalam sebuah artikel berjudul "Apakah Ada Tahanan Amerika yang Tidak Dikenal di Iran?".

Laporan itu bersumber dari pengakuan seorang mantan tahanan Iran. Sumber itu mengaku bertemu dengan White di Penjara Vakilabad di kota Mashhad pada bulan Oktober 2018.

Menurut Joanne, putranya telah mengunjungi Iran antara lima hingga enam kali untuk melihat seorang wanita Iran yang dia gambarkan sebagai kekasih putranya. Namun, pertemuan itu tidak pernah dia ketahui.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4325 seconds (0.1#10.140)