alexametrics

Horor, Kanopi Jet Tempur Israel Copot saat Terbang 30.000 Kaki

loading...
Horor, Kanopi Jet Tempur Israel Copot saat Terbang 30.000 Kaki
Pesawat jet tempur F-15 Israel. Foto/REUTERS
A+ A-
TEL AVIV - Seluruh armada jet tempur F-15 milik Angkatan Udara Israel telah dikandangkan setelah kanopi kokpit salah satu pesawat itu copot minggu lalu. Insiden horor yang membahayakan nyawa pilot itu terjadi di saat jet tempur tersebut terbang di ketinggian 30.000 kaki.

Insiden pada 2 Januari tersebut memicu pendaratan darurat oleh kru. Pesawat tempur F-15 awalnya lepas landas dalam misi pelatihan rutin dari pangkalan udara Tel Nof di Israel tengah dan mulai menuju ke selatan.

Ketika mengudara, kanopi kokpit tiba-tiba terlepas. Pilot dan navigator terkoyak angin. Telinga mereka juga terganggu oleh suara bising di udara. Kedua kru itu bahkan merasakan suhu dingin di ketinggian.



"Pilot, Kapten Y., dan navigator, Letnan R., melakukan kegiatan tersebut dalam kondisi sulit di mana ada risiko nyata terhadap pesawat dan kru," kata juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dalam sebuah pernyataan kepada Jerusalem Post.

"Awak pesawat memegang kendali penuh sepanjang insiden, bertindak dengan kepala dingin, profesionalisme dan keterampilan hebat dalam menangani kerusakan yang jarang terjadi, dan mendaratkan pesawat dengan aman di Pangkalan Udara Nevatim," lanjut IDF, yang dikutip Rabu (9/1/2019).

Rekaman audio insiden telah dirilis oleh IDF dan di-posting oleh Haaretz. Rekaman menunjukkan suara kanopi yang terlepas dan para penerbang berteriak bahwa mereka perlu melakukan pendaratan darurat.

"Kami tidak memiliki kanopi dan menuju ke jangkauan pangkalan terdekat," kata pilot itu kepada pengawas lalu lintas udara.

Pilot kemudian diminta untuk memperlambat kecepatannya dan akhirnya melakukan pendaratan darurat di lapangan terbang militer terdekat untuk buru-buru keluar dari jet tempur F-15.

Seorang pejabat Angkatan Udara Israel mengatakan kepada Jerusalem Post bahwa tidak ada indikasi atau peringatan sebelum kanopi terlepas. Tidak ada penerbang yang mengalami cedera selama insiden. Kanopi yang copot dilaporkan jatuh di dekat wilayah Palestina.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak