Taliban Batalkan Pembicaraan Damai dengan AS

Selasa, 08 Januari 2019 - 23:30 WIB
Taliban Batalkan Pembicaraan Damai dengan AS
Taliban Batalkan Pembicaraan Damai dengan AS
A A A
KABUL -

Taliban Afghanistan mengatakan bahwa mereka telah membatalkan pembicaraan damai dengan para pejabat Amerika Serikat (AS) di Qatar pekan ini. Taliban menyebut, pembatalan ini karena ada ketidaksepakatan agenda, terutama karena keterlibatan para pejabat Afghanistan dalam pembicaran itu.

Taliban telah menolak permintaan dari kekuatan-kekuatan regional untuk mengizinkan para pejabat Afghanistan untuk mengambil bagian dalam perundingan, bersikeras bahwa AS adalah musuh utama mereka dalam perang 17 tahun.

Seorang sumber Taliban mengatakan pertemuan itu rencananya akan digelar mulai esok hari. Namun, karena AS memaksa untuk dapat melibatkan pejabat Afghanistan dalam pembicaraan itu, Taliban langsung menolak dan membatalkan pertemuan.

"Pejabat AS bersikeras bahwa Taliban harus menemui pihak berwenang Afghanistan di Qatar dan kedua belah pihak berselisih soal menyatakan gencatan senjata pada 2019. Kedua belah pihak sepakat untuk tidak bertemu di Qatar," ucap sumber itu yang berbicara dalam kondisi anonim, seperti dilansir Reuters pada Selasa (8/1).

Sementara itu, seorang pejabat Taliban mengungkapkan pembicaraan, yang akan menjadi putaran keempat dengan utusan khusus AS, Zalmay Khalilzad, akan membahas mengenai penarikan pasukan AS, pertukaran tahanan dan pencabutan larangan bepergian para pemimpin Taliban.

Pejabat itu mengatakan bahwa mereka telah menuntut pemerintah AS membebaskan 25 ribu tahanan dan mereka akan membebaskan 3.000, tetapi para pejabat AS tidak tertarik untuk membahas pertukaran pada tahap ini.

"Kami tidak akan pernah mengumumkan gencatan senjata apa pun sampai dan kecuali kami mencapai keuntungan besar di lapangan. Kami memiliki perasaan bahwa Zalmay Khalilzad tidak memiliki cukup kekuatan untuk membuat keputusan penting," ucap pejabat itu.

(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4889 seconds (0.1#10.140)