alexametrics

Ribuan Pengunjung Pantai Australia Disengat Ubur-ubur

loading...
Ribuan Pengunjung Pantai Australia Disengat Ubur-ubur
Ribuan Pengunjung Pantai Australia Disengat Ubur-ubur. (Istimewa).
A+ A-
QUEENSLAND - Ribuan pengunjung pantai di Queensland, Australia, tersengat ubur-ubur botol biru hingga otoritas menutup tempat berenang itu.

Surf Life Saving Queensland menyatakan lebih dari 2.600 orang mendapat perawatan selama akhir pekan lalu. Sengatan ubur-ubur botol biru menyakitkan tapi tidak mengancam nyawa.

Angin yang kencang diduga mendorong koloni ubur-ubur menuju pantai tersebut. Sebanyak 13.000 sengatan ubur-ubur telah dilaporkan pada pekan lalu. Jumlah tersebut tiga kali lebih banyak dibandingkan periode yang sama tahun lalu.



Sebagian besar insiden terjadi di kawasan Gold Coast dan Sunshine Coast yang padat penduduk di Queensland. Koloni ubur-ubur botol biru terlihat seperti kantong berwarna biru dengan ukuran panjang hingga 15 cm. Seseorang dapat disengat saat berada di air atau di pasir.

“Sengatan itu dikategorikan menengah dan dapat dirawat dengan es atau air panas meski beberapa orang harus mendapat perawatan medis pada akhir pekan,” ungkap pernyataan Surf Life Saving Queensland (SLSQ), dilansir BBC. Jumlah kasus tersebut tidak tercatat seluruhnya.

Ubur-ubur botol biru sering terliaht di pantai timur Australia selama musim panas. Namun juru bicara SLSQ menggambarkan kejadian terbaru sebagai wabah dan beberapa media lokal menyebutnya sebagai invasi.

Pakar ubur-ubur dari Badan Penasehat Stinger Laut Australia Dr Lisa-Ann Gershwin sepakat bahwa kejadian ini tidak biasa, terutama dengan jumlah sebanyak itu. “Ini benar-benar kondisi aneh dari angin kuat dan panas yang memicu ubur-ubur botol biru dan spesies lain mendekati pantai,” ujar dia.

Dia menambahkan, kondisi cuaca yang tidak biasa itu mungkin memicu kejadian tersebut. Berbagai spesies yang biasanya ditemukan di laut lebih dalam dapat berpindah ke wilayah pantai karena kondisi cuaca itu.

“Angin mendorong ubur-ubur botol biru menuju pantai,” papar Dr Gershwin. (Syarifudin)
(nfl)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak