Bagikan Rp12 Miliar, Tweet Miliarder Jepang Pecahkan Rekor Dunia

Selasa, 08 Januari 2019 - 06:02 WIB
Bagikan Rp12 Miliar, Tweet Miliarder Jepang Pecahkan Rekor Dunia
Bagikan Rp12 Miliar, Tweet Miliarder Jepang Pecahkan Rekor Dunia
A A A
TOKYO - Miliarder Jepang Yusaku Maezawa memecahkan rekor dunia karena tweet atau ciutannya telah di-retweet sebanyak lebih dari 4 juta kali. Tweet Maezawa yang dirilis pada 5 Januari lalu menjadi ciutan paling banyak di-retweet selama ini.

Ciutan Maezawa tersebut mampu mengalahkan hal sama yang dilakukan Carter Wilkinson. Pada 2017 tweet-nya telah di-retweet oleh 3,5 juta pengikut Twitter untuk mendapatkan pasokan ayam dari jaringan restoran cepat saji Wendy’s.

Bagaimana Maezawa bisa membuat rekor baru? Ternyata menawarkan insentif bagi orang yang membagikan tweet. Pendiri ritel online Jepang Zozo Inc berjanji akan membagikan USD100 juta yen (Rp12 juta) kepada 100 orang yang beruntung yang membagikan tweet tersebut.

Unggahan tersebut sekaligus dalam rangka perayaan penjualan Zozotown mencapai 10 miliar yen selama periode Natal dan Tahun Baru. “Untuk berpartisipasi, kalian semua harus mengikuti saya dan RT tweet ini,” katanya dilansir BBC.

Maezawa dikenal sebagai tokoh publik ketika menjadi penabuh drum band bank Switch Style. Namun, dia beruntung mengembangkan bisnis pakaian. Dia mampu mengembangkan bisnis fashion itu selama satu dekade dengan menjadikan Zozo menjadi brand global.

Atas bisnisnya tersebut, dia dipercaya memiliki kekayaan sebesar USD3 miliar, dan sebagian besar kekayaannya dihabiskan untuk koleksi barang antik dan seni. Sebelum memecahkan rekor retweet, Maezawa pernah menghebohkan dunia seni pada 2017.

Saat itu dia membeli lukisan Jean-Michel Basquiat senilai USD110,5 juta pada lelang Sotheby’s. Itu menjadi rekor penjualan bagi seniman Amerika Serikat. Oktober lalu, Maezawa juga mengaku membeli biola Stradivarius 1717.

Maezawa dikenal di Barat setelah tahun lalu dinobatkan sebagai penumpang pertama yang terbang ke bulan bersama SpaceX, perusahaan yang didirikan miliarder Elon Musk. Harga tiket ke bulan belum diumumkan ke publik, tetapi menurut Musk, harga tersebut sangat mahal. Maesawa juga berencana mengajak grup band untuk terbang ke Bulan pada 2023.

Sosok Maezawa identik dengan barang seni. Hal ini dia ditunjukkannya ketika mendesain ruangan bergaya vintage 1950-an di kantornya. “Ketika saya menyukai sesuatu, saya ingin memilikinya,” katanya dalam wawancara dengan The Japan Times.

Selain seni, dia juga selalu memasukkan teknologi tingkat tinggi dalam pakaiannya. “Saya pikir semua orang ingin jeans yang universal. Kita memiliki tujuh miliar pelanggan di seluruh dunia,” katanya.

November lalu, dia mengajak perusahaan start-up asal Selandia Baru StretchSense untuk menghasilkan Zozosuit, yakni jeans yang bisa sesuai dengan ukuran tubuh. Nantinya, melalui Bluetooth, data sensor pakaian akan mengizinkan pengunjungi membeli pakaian di situs Zozotown.

Maezawa selalu menerapkan harga terjangkau untuk produk yang dijual. Dia juga selalu menjual pakaian yang selalu dibutuhkan oleh orang. “Kita menjual pakaian yang harus dimiliki semua orang,” ucapnya.

Dengan membuka kantor di Los Angeles dan Berlin, Maezawa ingin perusahannya mengglobal. Meskipun, dia belum mendapatkan waktu yang tepat untuk brand-nya tersedia di luar Jepang. “Saya pikir ada kesempatan bagi kita untuk menjadi perusahaan fashion nomer satu di dunia,” tandasya.

Meskipun memiliki gaya hidup mewah, Maezawa berasal dari keluarga sederhana. Anak tertua dari dua bersaudara itu lahir dari keluarga biasa di mana ayahnya hanya seorang akuntan dan ibunya seorang ibu rumah tangga. Dia dibesarkan di Prefektur Chiba.

Di sekolah menengah pertama, dia mulai bermain gitar dan beralih menjadi penabuh drum saat duduk di sekolah atas. “Ketika kamu ingin membentuk band, selalu ada kekurangan penabuh drum,” ujarnya.

Band yang didirikan Maezawa beraliran punk. Naluri bisnis bermain ketika dia mulai mengimpor CD punk dan mendirikan Start Today pada 1998 saat dia berusia 22 tahun. Pada 2000, perusahaannya berubah haluan menjadi online dan menawarkan penjualan pakaian, selain musik. “Saya menjadi presiden perusahaan ketika tur musik dengan band saya,” katanya.

Pada 2004, Start Today meluncurkan Zozotown dengan mengenalkan produknya di 17 toko. Perusahaan itu terdaftar di Bursa Saham Tokyo pada 2007 dan terus tumbuh. Mereka menjual lebih dari 520.000 barang dan memiliki 900 karyawan.

Sementara itu, pemegang rekor lama, Carter Wilkinson, menjadi perhatian Twitter pada Mei 2017 setelah bertanya kepada Wendy’s tentang berapa banyak retweet yang diperlukan untuk bisa mendapatkan pasokan nugget ayam selama setahun lamanya. Wendy’s mengungkapkan, 18 juta.

Wilkinson langsung menulis tweet “HELP ME PLEASE. A MAN NEEDS HIS NUGGS" dan mendapatkan 3,5 juta tweet, termasuk para selebritas. Meskipun tidak mendapatkan target, Wilkinson tetap mendapatkan ayam nugget gratis selama setahun dari Wendy’s.

Sebelum Wilkinson, presenter Ellen DeGeneres menjadi tokoh yang tweet-nya paling banyak dibagikan sebanyak 3,3 juta kali saat dia sefie dengan Meryl Streep, Julia Roberts, Brad Pitt dan Angelina Jolie dalam acara Oscar 2014. Tweet itu bertahan sebagai ciutan yang paling banyak dibagikan selama tiga tahun lamanya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4780 seconds (0.1#10.140)