alexametrics

Panas Tembus 46 Derajat Celsius, Langit di Australia Memerah

loading...
Panas Tembus 46 Derajat Celsius, Langit di Australia Memerah
Langit di Hobart, Tasmania, Australia, berwarna oranye gelap di saat gelombang panas melanda. Foto/Twitter @brentcostelloe
A+ A-
MELBOURNE - Gelombang panas melanda wilayah tenggara Australia pada Jumat (4/1/2019). Warna langit di beberapa wilayah di negara tersebut juga memerah, yang oleh media setempat dinamai "langit apokaliptik".

Suhu terpanas dirasakan di beberapa wilayah Victoria. Pada Jumat sore, suhu di Mildura mencapai 46, 4 derajat Celsius, sedangkan di Bendigo mencapai 44,5 derajat Celsius.

Otoritas Victoria mengeluarkan larangan menyalakan api karena khawatir bisa memicu kebakaran. Sembilan tahun lalu, kebakaran hutan paling mematikan di Australia menewaskan 180 orang di dekat wilayah Victoria.



"Kondisinya di sana bahwa jika api mulai dinyalakan, itu bisa sangat sulit untuk dikendalikan," kata Tom Delamotte, seorang peramal cuaca Biro Meteorologi setempat.

Di Hobart, ibu kota negara bagian Tasmania, wilayah yang dianggap paling indah di negara itu, suhunya naik hingga 40 derajat Celsius.

Para warga Australia telah berbagi gambar di media sosial yang menunjukkan langit warna oranye gelap dan kemerah-merahan. Warna langit itu diduga imbas dari kebakaran hutan belantara di dekat Tasmania.

Layanan Kebakaran Tasmania belum bisa dihubungi untuk dimintai komentar. Namun, ratusan orang di wilayah itu telah dievakuasi karena kebakaran hutan hutan.

Langit di wilayah Hobart juga berubah menjadi warna merah. Mantan pemimpin Partai Hijau Christine Milne, mengunggah foto di Twitter tentang kondisi warna langit yang tak wajar itu."Bukan langit musim panas yang Anda inginkan di Hobart. Sedihnya dengan pemanasan global ini menjadi lebih biasa," tulis dia, seperti dikutip news.com.au.

"Tidak menakutkan sama sekali...." tulis Rachel, warga di Hobart yang juga mem-posting gambar langit di atas kota tersebut di Instagram.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak