alexametrics

Jutaan Perempuan India Demo di Jalan Sepanjang 620 Km

loading...
Jutaan Perempuan India Demo di Jalan Sepanjang 620 Km
Jutaan Perempuan India Demo di Jalan Sepanjang 620 Km
A+ A-
NEW DELHI - Perjuangan kesetaraan gender yang dilakukan jutaan perempuan India agar bisa beribadah di Kuil Sabarimala, Negara Bagian Kerala, akhirnya membuahkan hasil.

Kemarin dua perempuan Hindu berusia 42 dan 44 tahun mencatat sejarah baru. Mereka menjadi perempuan pertama yang diperbolehkan memasuki kuil berusia lebih dari 800 tahun tersebut.

Sebelumnya, sesuai ketetapan undang-undang India, perempuan berusia 10-50 tahun dilarang memasuki kuil suci itu. Aturan ini dinilai sangat diskriminatif.



Sebagai bentuk penolakan, awal pekan ini sekitar 5 juta perempuan India turun ke jalan. Mereka membentuk “barisan perempuan” sepanjang 620 kilometer dari ujung Kasaragod hingga Thiruvanthapuram. Di beberapa kota lain juga digelar protes serupa.

Pemerintah lokal menyatakan lebih dari lima juta perempuan telah turut serta dalam protes selama 15 menit tersebut. “Di sana banyak sekali perempuan. Jika mereka merebahkan tangan, jarak barisan itu akan jauh lebih panjang, mungkin akan sampai hingga Laut Arab,” kata Subhashini Ali dari Partai Komunis India.

Ali, yang juga wakil presiden All India Democratic Women’s Association mengatakan, kaum perempuan turun ke jalan untuk memperjuangkan hak mereka yang terdiskriminasi. “Ada banyak sekali bentuk diskriminasi yang dilakukan atas nama tradisi.

Ini merupakan hal yang penting bagi demokrasi,” ujarnya. Mahkamah Agung (MA) India sebenarnya mencabut larangan tersebut dari undang-undang (UU) pada September 2018. Hakim MA menyatakan kebijakan itu tidak sesuai aturan kesetaraan gender karena bersifat diskriminatif.

“Setiap perempuan memiliki hak untuk beribadah di tempat yang mereka inginkan,” demikian putusan hakim. Namun, putusan ini tak juga bisa dijalankan di lapangan. Selama berbulan-bulan area sekitar Kuil Sabarimala menjadi tempat bentrok antara kaum perempuan Hindu konservatif dan perempuan Hindu tradisional.

Kepolisian India menerjunkan 1.300 personel untuk memastikan keamanan terkendali, tapi upaya itu gagal. Kuil tua itu diyakini merupakan rumah spiritual Dewa Ayyappa. Umat Hindu yang mendukung larangan perempuan balig ke Kuil Sabarimala sebelumnya berdalih Ayyappa merupakan bujang.
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak