Rusia Tuan Rumah Pertemuan Segi Tiga Putin-Erdogan-Rouhani

Jum'at, 28 Desember 2018 - 16:28 WIB
Rusia Tuan Rumah Pertemuan Segi Tiga Putin-Erdogan-Rouhani
Rusia Tuan Rumah Pertemuan Segi Tiga Putin-Erdogan-Rouhani
A A A
MOSKOW - Ibu Kota Rusia, Moskow, awal tahun depan akan menjadi tuan rumah bagi para pemimpin Rusia, Iran dan Turki untuk membahas konflik Suriah setelah Amerika Serikat (AS) mengumumkan akan menarik pasukannya. Hal itu diungkapkan oleh wakil menteri luar negeri Rusia.

"Sekarang giliran kami untuk menjadi tuan rumah KTT, sekitar minggu pertama tahun ini. Ini akan tergantung pada jadwal presiden,” kata Mikhail Bogdanov seperti dikutip Arab News dari kantor berita Interfax, Jumat (28/12/2018).

Pertemuan itu akan menjadi langkah terbaru dalam proses perdamaian Astana - yang dilakukan pada awal 2017 oleh Rusia dan Iran, yang mendukung rezim Presiden Bashar al-Assad di Suriah, dan Turki sebagai pendukung oposisi Suriah.

Proses perdamaian Astana diluncurkan setelah intervensi militer Rusia di Suriah memberi keseimbangan pada dukungan rezim Damaskus. Secara bertahap telah melampaui kerangka negosiasi yang disponsori PBB sebelumnya yang dikenal sebagai proses Jenewa.

Pertemuan terakhir antara Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Iran Hassan Rouhani dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berlangsung di Iran pada bulan September lalu dengan nasib provinsi Idlib yang dikuasai pemberontak mendominasi agenda.

Presiden AS Donald Trump dalam pengumuman mengejutkan baru-baru ini mengatakan ia menarik sekitar 2.000 tentara Amerika dari Suriah. Dalam pengumumannya, Trump mengklaim ISIS telah berhasil dikalahkan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5610 seconds (0.1#10.140)