Dunia Islam Tak Mendukung Iran Serang Israel, Benarkah Ini Terkait Perbedaan Ideologi?

Rabu, 24 April 2024 - 20:35 WIB
loading...
Dunia Islam Tak Mendukung Iran Serang Israel, Benarkah Ini Terkait Perbedaan Ideologi?
Iran adalah negara yang menjadikan Islam Syiah sebagai agama negera. Ilustrasi: Ist
A A A
Pada saat Iran menyerang Israel pada 13 April, sebagai pembalasan atas serangan Israel terhadap Kedutaan Besar Iran di Damaskus Suriah , pada 1 April, dunia Barat menekankan hak Israel untuk mempertahankan diri dari agresi Iran. Mereka bertindak seolah-olah bukan Israel yang memulai konflik kekerasan tersebut.

Pengamat hubungan internasional, Ibrahim Karatas, menyebut kemunafikan negara-negara Barat ini tidak mengejutkan. "Namun sikap dunia Muslim yang tidak mendukung Iran mengundang tanya," tulis Ibrahim dalam artikelnya berjudul "Why doesn’t Muslim world support Iran against Israel?" yang dilansir Daily Sabah 22 April 2024.

Meski semua negara Islam mendukung Palestina melawan Israel, namun mayoritas dari mereka tetap bungkam atau tidak menekankan bahwa Iran benar dalam menyerang Israel. "Memang benar bahwa Iran benar karena serangannya merupakan respons terhadap agresi Israel. Namun, reaksi dunia Islam cukup ringan," tambahnya.



Perbedaan teologis

Menurutnya, alasan mendasar untuk tidak mendukung Iran adalah perbedaan teologis. Kelompok Syiah berpisah dari Sunni karena klaim mereka bahwa Khalifah Ali, menantu Nabi Muhammad SAW , seharusnya menjadi khalifah pertama dan menuduh tiga khalifah pertama merampas hak Ali untuk mendahului nabi.

Tidak ada perang memperebutkan takhta setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW namun kaum Syi'ah masih mempertahankan sikap mereka. Oleh karena itu, mereka memusuhi Sunni.

Selain permusuhan, mereka melihat Sunni sebagai ancaman utama dan terdekat. Meskipun kelompok Syiah dapat ditemukan di Asia, Afrika dan Eropa, mereka sebagian besar menetap di Timur Tengah dan dipimpin oleh Iran, yang menerima Syiah sebagai sekte/agama resminya dan telah menyebarkannya sejak Revolusi Iran tahun 1979.

Ibrahim Karatas mengatakan doktrin Syiah berpendapat bahwa kenabian berlanjut setelah Nabi Muhammad melalui para imam, 11 di antaranya melakukan tugasnya, dan yang tak kasat mata, Muhammad al-Mahdi belum muncul kembali yang terakhir dari Dua Belas Imam yang menurut dugaan Tuhan gaib pada tahun 874 dan terakhir terlihat pada tahun 941.



Sejak itu, kaum Syiah menunggu imam tersembunyi itu kembali dan menegakkan keadilan dan kesetaraan bersama Yesus selama kedatangannya yang kedua kali. Mahdi akan melawan Sufyan (seorang tiran Muslim), Dajjal (anti-Kristus), dan yang menarik adalah Sunni.

Menurut Islam Syiah, kata Ibrahim Karatas, Sunni adalah perampas Islam yang sebenarnya dan mereka harus dilawan. Oleh karena itu, Mahdi akan membalas dendam terhadap kaum Sunni, yang diduga menghalangi keluarga Nabi Muhammad SAW untuk berkuasa, dan akan mendirikan negara mesianis di seluruh dunia.

"Memang benar, tidak hanya literatur apokaliptik Syiah tetapi juga Syiah dalam kehidupan nyata menargetkan kaum Sunni," jelas Ibrahim Karatas.

Musuh Syiah bukanlah orang Kristen, Yahudi, atau penyembah berhala. Secara historis, kaum Syiah jarang berperang melawan non-Muslim kecuali wilayah mereka diserbu oleh mereka. Saat ini, Iran memimpin dunia Syiah dan satu-satunya tujuan rezim tersebut adalah untuk menyebarkan teologi Syiah di dunia Muslim melalui tindakan-tindakannya, yang mirip dengan gerakan politik.

Katalis Konflik Regional

Ibrahim Karatas mengatakan ada sedikit bukti bahwa Syiah bertindak sebagai misionaris untuk mengubah non-Muslim menjadi Islam. Di sisi lain, keyakinan Syiah telah menjangkau umat Islam di Nigeria, Yaman dan Balkan. Salah satu aspek dari penyebaran ini adalah lebih bersifat politis, bukan agama.



Iran telah memobilisasi komunitas Syiah di negara-negara Timur Tengah dan menyebabkan kerusuhan sipil di sana. Pada tahun 2024, konflik dan/atau perang di Yaman, Suriah, Lebanon, dan Irak disebabkan oleh dukungan Iran terhadap minoritas Syiah.

Menurut Ibrahim Karatas, keterlibatan dalam urusan internal negara-negara regional telah mencapai puncaknya dengan kematian ratusan ribu umat Islam, perang saudara dan negara-negara gagal.

Dapat dikatakan bahwa kebijakan dan tujuan luar negeri Iran hanya membawa ketidakstabilan di kawasan. Oleh karena itu, selain Israel Yahudi, Iran yang beraliran Syiah juga dipandang sebagai negara preman di Timur Tengah oleh umat Islam. Khususnya, tindakan Iran baru-baru ini di Suriah, yang membantu rezim Bashar al-Assad di Suriah membunuh sekitar 500.000 Muslim, menimbulkan kemarahan besar terhadap pemerintah Teheran, belum lagi penyalahgunaan kekuatan keras di negara-negara Muslim lainnya.

Oleh karena itu, kata Ibrahim Karatas, antipati terhadap Iran diperkirakan akan bertahan dalam jangka pendek dan menengah. Di mata komunitas Muslim tertentu, khususnya Sunni, baik Israel maupun Iran adalah dua bandit yang sama-sama menyebabkan anarki dan kematian di wilayah tersebut.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1323 seconds (0.1#10.140)