Kedubes Jepang Buka Beasiswa untuk Lulusan SMA dan SMK hingga 8 Mei 2024

Rabu, 24 April 2024 - 10:52 WIB
loading...
Kedubes Jepang Buka Beasiswa untuk Lulusan SMA dan SMK hingga 8 Mei 2024
Kedutaan Besar Jepang mengumumkan membuka penawaran beasiswa kepada siswa-siswi Indonesia lulusan SMA atau SMK dan sederajat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ada kabar gembira bagi kamu para pejuang beasiswa ke luar negeri. Kedutaan Besar Jepang di Indonesia mengumumkan membuka penawaran beasiswa kepada siswa-siswi Indonesia lulusan SMA atau SMK dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas/GAKUBU, College of Technology/KOSEN, dan Specialized Training College/SENSHU di Jepang untuk tahun akademik 2025 (April 2025. Pendaftaran dibuka hingga 8 Mei 2024. Untuk info lengkapnya, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Info Pembukaan Beasiswa Kedubes Jepang untuk Lulusan SMA dan SMK


Beasiswa ini bagian dalam Program Beasiswa Pemerintah Jepang Monbukagakusho. Dalam keterangan resmi Kedubes Jepang disebutkan, sebelum masuk universitas/college, penerima beasiswa akan mengikuti sekolah persiapan terlebih dahulu selama satu tahun.

Selama sekolah persiapan, penerima beasiswa akan dibekali dengan pembelajaran sesuai dengan program yang dipilih. Program GAKUBU untuk bidang studi IPS akan mempelajari pengetahuan umum Jepang, matematika, dan bahasa Inggris. Bidang studi IPA akan mempelajari pelajaran fisika, kimia, dan biologi.



Program KOSEN akan mempelajari Bahasa Jepang sesuai dengan spesialisasi college, pengetahuan umum Jepang, matematika dan lainnya. Program SENSHU akan mempelajari bahasa Jepang sesuai dengan spesialisasi college, pengetahuan umum Jepang, dan lainnya.

Bagi pelamar yang memilih program GAKUBU bidang studi IPS, setelah dinyatakan lulus primary screening, apabila MEXT menilai bahwa pelamar memiliki kemampuan bahasa Jepang yang mumpuni, pelamar akan secara langsung ditempatkan di univeristas tanpa mengikuti sekolah persiapan terlebih dahulu.

Hal tersebut tergantung dari keputusan MEXT dan pihak universitas di Jepang. Ketentuan terkait hal ini, akan dijelaskan setelah lulus primary screening.

Bagi pelamar yang memilih program GAKUBU bidang studi IPA yang memiliki kemampuan bahasa Jepang yang mumpuni dan berminat untuk langsung masuk ke universitas tanpa sekolah persiapan, permintaan dapat dilakukan setelah dinyatakan lulus primary screening.

Syarat dan Fasilitas Beasiswa


Untuk bisa mendaftar beasiswa ini, di antara persyaratannya adalah memiliki nilai akademik yang baik dan lahir pada atau setelah April 2000. Adapun di antara fasilitas yang akan didapatkan adalah uang kuliah yang ditanggung sepenuhnya, tunjangan hidup sebesar kurang lebih 117.000 yen/bulan (Rp12 juta) dan tidak ada ikatan dinas.

Dokumen untuk seleksi beasiswa harus dikirim/diserahkan ke kantor Kedutaan Besar Jepang di Jakarta paling lambat 8 Mei 2024. Informasi perihal beasiswa ini ada di website Kedutaan Besar Jepang di Jakarta.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1798 seconds (0.1#10.140)